Sambut Anggota Baru Periode 2023/2024, Wartadinus Berikan Pembekalan Jurnalistik Melalui PJD 2023

Sambut Anggota Baru Periode 2023/2024, Wartadinus Berikan Pembekalan Jurnalistik Melalui PJD 2023

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Kampus Wartadinus kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) dalam rangka menyambut anggota baru periode 2023/2024. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dimulai sejak 12-14 Oktober 2023.

Di hari pertama, kegiatan dimulai dengan seminar yang berlangsung di Gedung H lantai 1 Galeri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Dalam seminar tersebut, terdapat empat narasumber handal di bidang kepenulisan, fotografi, desain, dan videografi yang bertujuan sebagai pembekalan bagi anggota baru Wartadinus.

Materi kepenulisan diisi oleh Switta Amalia Hapsari, M.Ikom yang membahas tentang penulisan artikel features dan straight news. Materi fotografi mengupas tentang bagaimana fotografi jurnalistik yang baik dan disampaikan oleh Regyna Margaretha M.Sn. Selain itu, ada pula materi terkait desain grafis pada layout konten jurnalistik yang dipaparkan oleh Muhammad Hasan Basori, M.A. Kemudian, materi videografi dijelaskan oleh Haris Yulianto membahas tentang membangun realitas dalam medium audio visual.

Mengusung tema ‘Build Harmony and Show Our Creativity in Journalism’ pada PJD 2023,  Wartadinus ingin menyatukan harmoni dan kreativitas dalam penyusunan karya jurnalistik. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana, Aditya Gilang Pangestu. Menurutnya, dengan menyatukan elemen tersebut akan melahirkan karya jurnalistik yang lebih kuat.

“Selain memahami tentang jurnalistik, harapannya para anggota baru juga bisa lebih kompak dan meminimalisir kecanggungan ketika menjalankan program kerja nanti,” ungkapnya.

Setelah seminar di Udinus, kegiatan dilanjutkan di Villa Bokong Semar Gunungpati. Para anggota baru melakukan penugasan liputan sebagai bentuk implementasi materi yang sudah didapatkan sebelumnya. Nantinya, hasil liputan tersebut dipresentasikan pada hari kedua. Di malam hari, terdapat pentas seni pertunjukan drama dari para anggota baru.

Cantika Caramina, salah satu anggota baru Wartadinus periode 2023/2024 mengaku senang mengikuti kegiatan PJD di hari pertama. Ia mengungkapkan bahwa pembekalan di sesi seminar sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi dan mudah dimengerti. Selain itu, ia juga merasa antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang ada.

“Di hari pertama itu penasaran, tapi deg-degan juga karena ada kegiatan liputan, aku kira bakal formal banget. Ternyata, kegiatannya seru banget dan aku antusias juga buat pensinya,” akunya.

Ia berharap dapat segera beradaptasi dan ilmu yang ada di Wartadinus dapat diimplementasikan serta dikembangkan di luar organisasi.

Penulis : Ika Safira

Gambar : Dokumentasi Wartadinus

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: