Atasi Permasalahan Sampah di Sambiroto, Tim PPKO BEM FIK Udinus Launching Aplikasi SIRESMA dan Program Rumah Sampah Digital

Atasi Permasalahan Sampah di Sambiroto, Tim PPKO BEM FIK Udinus Launching Aplikasi SIRESMA dan Program Rumah Sampah Digital

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) resmikan perilisan aplikasi Sistem Resik Mandiri (SIRESMA) melalui kegiatan Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO). Peresmian ini berlangsung pada Rabu, 27 September 2023 di Kelurahan Sambiroto Semarang.

Pengembangan aplikasi SIRESMA telah disiapkan sejak bulan Juni 2023 bersama dosen-dosen FIK. Aplikasi tersebut bertujuan sebagai solusi masyarakat untuk mengelola sampah daur ulang sehingga tercipta lingkungan yang asri. Selain itu, melalui aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan menerapkan ekonomi sirkular melalui program bank sampah.  Terdapat beragam fitur seperti fitur pemilihan, penyetoran, penimbangan, serta pencatatan bank sampah.

Pada kegiatan tersebut, BEM FIK juga meresmikan program Rumah Sampah Digital di TPS 3R Resik Mandiri. Secara simbolis program tersebut diresmikan dengan pemotongan pita merah oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komputer, Ahmad Zainul Fanani, S.Si, M.Kom. Warga dan Lurah Keluruhan Sambiroto turut hadir dalam menyukseskan kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus berterima kasih terhadap warga Kelurahan Sambiroto karena telah memberikan wadah serta mendukung penuh mahasiswa untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di kampus. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi warga untuk ke depannya.

“Mohon apa yang kami berikan ini dapat dikembangkan ke depannya. Hal ini sebagai pemicu dan pemantik saja bahwa kita bisa mengelola sampah di tempat kita berada sehingga tidak ada tumpukan-tumpukan sampah. Kita bisa mengelolanya, menyelamatkan bumi, dan bangkitkan ekonomi,” ungkapnya.

Mewakili warga Sambiroto, Sri Mis Astuti, S.E selaku Lurah Sambiroto juga turut berterima kasih atas terjalinnya kerja sama dengan mahasiswa Udinus. Menurutnya, program ini sangat membantu dalam pengelolaan sampah menjadi semakin baik.

“Terkait pengelolaan sampah, kami warga Sambiroto sudah melakukan pengelolaan sampah dari rumah tangga. Tapi selama ini belum ada aplikasi atau secara IT yang mengatur pengelolaan sampah, sehingga saya berterima kasih karena adanya aplikasi ini sangat membantu kami dalam mengelola sampah,” tutupnya.

Penulis : Aninda Ratna Ghifarani

Gambar : Dokumentasi Wartadinus (Rahma Andiansyah)

Editor : Ika Safira

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: