Mahasiswa Baru Udinus Tahun 2023 Resmi Dilantik oleh Rektor Udinus pada Dinus Inside 2023

Pelantikan mahasiswa baru pada Dinus Inside 2023

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) resmi melantik mahasiswa baru (maba) 2023/2024 pada Senin, 4 September 2023. Pelantikan tersebut dikemas dalam upacara pelantikan yang menjadi serangkaian acara ‘Dinus Inside’ secara luring dan megah setelah tahun sebelumnya terkendala pandemi. Secara simbolis, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M. Kom, melantik perwakilan mahasiswa baru dari setiap fakultas yang ada di Udinus bertempat di halaman gedung G Udinus Semarang.

Mengusung tema ‘Membentuk Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang Berintegritas, Cerdas, dan Berkarakter’, Dinus Inside berlangsung selama 3 hari. Dimulai pada Senin, 4 September 2023 hingga Rabu, 6 September 2023. Adanya Dinus Inside ini bertujuan memberikan wawasan mahasiswa baru guna menjadi generasi yang lebih unggul dan berprestasi.

Dalam pidatonya, Rektor Udinus berterima kasih serta mengapresiasi masyarakat Jawa Tengah dan seluruh Indonesia atas kepercayaannya terhadap Udinus. Hal tersebut dikarenakan ribuan mahasiswa baru di Udinus berasal dari 38 provinsi yang ada di Indonesia.

“Saat ini Udinus juga menyandang status akreditasi unggul. Tentunya ini menjadi bukti nyata kualitas Udinus di dunia akademik,” ungkap Rektor Udinus.

Sebelum upacara pelantikan, Dinus Inside dimulai  terdapat parade oleh mahasiswa dari berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di Udinus. Selain itu, ditampilkan pula beragam karya inovasi dari mahasiswa dan dosen Udinus yang dikenalkan oleh Rektor Udinus. Contohnya, Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU), dan Robot Catur Kampus Udinus (Roca-KU).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., turut menyambut seluruh mahasiswa baru yang telah terdaftar di kampus Udinus. Dalam sambutannya, Prof. Supriadi Rustad mengajak para mahasiswa baru Udinus agar selalu menuju ke arah yang positif supaya menjadi mahasiswa yang berintegritas dan bermanfaat.

 “Kami mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 Udinus. Mari kita ciptakan lingkungan kampus yang kondusif dan atmosfer akademik yang baik,” tuturnya.

Selain dihadiri oleh jajaran petinggi Udinus, acara ini juga turut dihadiri oleh mitra kerja sama dari luar negeri yakni Split University dari Kroasia dan Goethe Institue dari Jerman. Dalam kesempatan tersebut mereka mengajak mahasiswa untuk tidak takut menuntut ilmu hingga ke luar megeri. Harapannya, mobility program itu dapat menjadi batu loncatan untuk mengembangkan potensi mahasiswa..

Tahun ini, Udinus menerima sejumlah 3.517 mahasiswa baru.  Terdiri dari 1.645 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK), 725 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 165 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 393 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES), 228 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT), 50 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), 172 Kampus Kediri  dan 139 mahasiswa Pasca Sarjana.

Penulis : Aninda Ratna Ghifarani

Sumber gambar/foto : Dokumentasi Wartadinus (Muhammad Kurniawan)

Editor : Ika Safira

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: