UDINUS SEBARKAN 20.000 BENIH IKAN DI WADUK JATIBARANG

UDINUS SEBARKAN 20.000 BENIH IKAN DI WADUK JATIBARANG

Penanaman benih ikan dilakukan pada Selasa, 5 September 2023. Penanaman benih ikan diikuti oleh para perwakilan mahasiswa baru dari 6 Fakultas yang ada di Universitas Dian Nuswantoro. Selain mahasiswa baru yang ada di Udinus, penanaman benih ikan juga dihadiri oleh mahasiswa pertukaran pelajar lokal maupun internasional. Sebanyak 20.000 ekor bibit ikan nila di sebar di Waduk Jatibarang. Penanaman benih ikan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro Semarang sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Penanaman benih ikan dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Dian Nuswantoro, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T.. Pada kegiatan ini, ada pula serangkaian serah terima yang dilakukan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus yang diterima oleh Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sukamakmur.

Penebaran benih ikan merupakan salah satu serangkaian agenda dari Dinus Inside 2023. Kegiatan ini disambut gembira oleh para nelayan disana. Diharapkan kegiatan positif seperti ini akan terus berlangsung setiap tahunnya.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat membantu perkembangan budidaya ikan tawar,” ucap Widodo, Sekretaris Pokdarwis Sukamakmur.

Dengan adanya penebaran benih ikan ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang ada di waduk Jatibarang. Karena selama musim kemarau sendiri terjadi penurunan pengunjung. Pada musim kemarau tahun ini sendiri sudah mengalami penurunan pengunjung sebanyak 60% sampai 70%. Jika pada musim penghujan ada 5-10 trip menggunakan perahu, namun saat musim kemarau ini hanya ada 3-5 trip perahu saja setiap minggunya.

Selain hal buruk juga ada hal baik yang terjadi, tidak ada pengaruh penurunan debit air terhadap ikan-ikan yang ada pada waduk Jatibarang itu sendiri. Pengairan rumah-rumah warga di sekitar Waduk Jatibarang juga tidak mengalami perubahan debit air.

Penulis dan foto: Ivanaya Sheina Pratiwi

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: