Semarak Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Universitas Dian Nuswantoro

Semarak Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Universitas Dian Nuswantoro

Upacara memperingati HUT ke-78 RI di Universitas Dian Nuswantoro (Foto : Muhammad Ammar)

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-78 Republik Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menyelenggarakan upacara bendera. Upacara berlangsung pada Kamis, 17 Agustus 2023 bertempat di lapangan parkir gedung G Udinus Semarang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M. menjadi inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun ini. Dalam mengawali pidatonya ketika sesi amanat, Wakil Rektor III menyerukan kata ‘merdeka’ dengan lantang yang diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh semangat.

Beliau menyampaikan bahwa seluruh civitas akademika mulai dari dosen hingga mahasiswa harus bisa memahami dengan baik tugasnya masing-masing untuk mengisi kemerdekaan. Terutama para aktivis yang mengemban tugas cukup besar di kemudian hari, mengingat pada tahun 2045 akan menjadi tahun Indonesia Emas.

“Cita-cita bangsa Indonesia di tahun 2045 sebagai tahun Indonesia Emas ada di tangan adik-adik semua. Aktivis harus berkarakter dan berdedikasi. Oleh karena itu, mari kita isi kemerdekaan ini dengan menebar manfaat bagi masyarakat, keluarga, kampus, hingga bangsa dan negara,” tegasnya.

Pada tahun ini, petugas upacara merupakan gabungan dari berbagai UKM yang ada di Udinus. Komandan upacara dan pemimpin barisan ialah mahasiswa dari UKM Resimen Mahasiswa Batalyon 948 Macan Kumbang. Bendera dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera yang berasal dari Komunitas Paskibraku Udinus.

Pengibaran bendera diiringi oleh nyanyian lagu Indonesia Raya secara langsung dari UKM Paduan Suara Mahasiswa Gita Dian Nuswa. Seluruh tim dari Biro Kemahasiswaan (Bima) Udinus juga hadir untuk mendampingi jalannya upacara. Adapun peserta upacara yang berasal dari perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Udinus.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan dua lomba yang diikuti oleh para mahasiswa. Lomba voli air dan tarik tambang untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa, turut serta meramaikan semarak Hari Kemerdekaan Indonesia di Udinus.

***

Penulis: Ika Safira

Editor : Rahma Fadila Rahayu

Sumber gambar: Muhammad Ammar

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: