Raih Medali, UDINUS Beri Apresiasi

Raih Medali, UDINUS Beri Apresiasi

Sea Games Cambodia 2023 sudah resmi dihelat sejak 5 Mei 2023, di Stadion Morodok Techo, Kamboja dengan mengusung tema “Sport: Live in Peace”. Perayaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut ikut dimeriahkan oleh atlet-atlet dari Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS).

Berjumlah sebanyak tujuh orang atlet, mereka berasal dari cabang olahraga sepak bola, taekwondo, voli putri, dan juga tenis meja. Lima dari ketujuh atlet UDINUS tersebut berhasil meraih medali untuk Indonesia.

Medali pertama diraih dari cabang olahraga taekwondo, yang lagi-lagi ditorehkan oleh Dinda Putri Lestari. Dinda menyumbangkan medali perunggu pada kategori Kyorugi Putri-73 Kg di Chroy Changvar Internasional Convention Center, Phnom Penh, Kamboja pada Sabtu 13 Mei lalu. Torehan Dinda di tahun ini juga menyamai prestasinya dengan Sea Games 2021 sebelumnya di Vietnam.

Mahasiswa yang tengah menempuh Pendidikan S-1 Program Studi Manajemen ini mengaku senang dan bersyukur telah berjuang untuk meraih medali untuk Indonesia.

“Perasaan saya luar biasa dan tetap bangga sudah mampu memberikan medali bagi Indonesia. Atlet –atlet yang berlaga di SEA Games dari negara lainnya tentu mengerahkan kemampuan sebaik mungkin, pertandingan-pertandingan yang saya lalui juga sangat ketat,” jelasnya dilansir dari Humas Udinus.

Medali kedua diraih Arneta Putri Amelian dari cabang olahraga voli putri. Arneta yang baru pertama kali mengikuti ajang internasional merasa bangga, bisa mengikuti momentum ini. Medali perunggu didapatkan setelah pertandingan sengit melawan Filipina di Olympic Complex Indoor Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada 14 Mei 2023. 

Arneta yang juga merupakan mahasiswa S-1 Program Studi Manajemen ini bertugas sebagai setter yang memberikan umpan kepada rekannya hingga Indonesia unggul pada set tiga dan empat.

Tak kalah dari kedua atlet yang sudah menorehkan medali perunggu, cabang olahraga sepak bola akhirnya menyumbangkan emas setelah penantian tiga puluh dua tahun lamanya. Medali emas ini diraih setelah berjuang pada babak extra time di Stadion Nasional Olimpiade, Phonm Penh Kamboja.

Pada laga final tersebut, Irfan Jauhari yang merupakan mahasiswa S-1 Program Studi Manajemen mencetak gol hingga mengubah skor yang tadinya seimbang menjadi 3-2. Gol tersebut menjadi titik awal akhirnya Indonesia berhasil menang dengan skor 5-2 menaklukkan Thailand.

Selain Jauhari, Ernando Ari yang menempuh Program Studi yang sama juga menunjukkan penampilan apik di bawah mistar gawang Indonesia. Tendangan-tendangan berbahaya dari pemain Thailand berhasil ia tepis.

Pratama Arhan Alif Rifai ikut memberikan kontribusi besar walaupun ia tidak bermain di laga final tersebut. Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020 itu, melalui lemparan jauh dari sisi kiri membawa Indonesia ke laga final pada semifinal mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2.

Arhan, begitulah dia biasa dipanggil, dalam pernyataannya mengaku senang dan bangga mampu mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di kancah Internasional. Ia pun mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh sivitas akademika Udinus yang telah mendukungnya secara penuh pada Sea Games 2023 ini.

Perolehan medali emas yang telah dinanti-nanti Indonesia tersebut menjadikan ketiga atlet mendapatkan apresiasi dari Universitas Dian Nuswantoro. Penyambutan atlet pulang kampus sudah dilaksanakan pada 24 Mei 2023 lalu dan disiarkan secara langsung di channel youtube TVKU.

Dilansir dari Instagram resmi Udinus, terlihat atlet dari cabang olahraga (cabor) sepak bola hadir. Diantaranya Irfan Juhari, Ernando Ari, dan Rio Fahmi yang merupakan mahasiswa baru Udinus Angkatan 2023. Dari cabor tenis meja juga hadir Hafidh Nuur dan Siti Aminah.

Dalam acara penyambutan atlet tersebut, Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom merasa bangga kepada ketiga atlet Udinus yang telah berhasil membawa pulang medali emas.

“Kami beri mereka beasiswa tentunya untuk masa depan mereka ke depan. Sepuluh tahun lagi mungkin karir mereka tak secemerlang hari ini, melalui beasiswa ini bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau berwirausaha,” jelas Pulung dalam sambutannya.

Perolehan medali emas cabor sepak bola memang menjadi kebanggaan bagi Indonesia yang patut dirayakan. Medali tersebut juga menjadikan Indonesia berada di peringkat ke-3 Sea Games tahun ini dengan perolehan 87 medali emas, 80 medali perak dan 109 medali perunggu dengan total 276 medali.

Penulis: Maharani Sabila

Sumber: Tekno.tempo.co, Kumparan.com, Semarang.suara.com

Sumber gambar: Humas dan BIMA Udinus

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: