FIK Udinus Beri Apresiasi untuk Mahasiswanya Melalui FIK Student Awards 2023

FIK Udinus Beri Apresiasi untuk Mahasiswanya Melalui FIK Student Awards 2023

Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar FIK Student Awards 2023. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO). Acara penghargaan berlangsung pada Senin, 22 Mei 2023 bertempat di auditorium Gedung H lantai 7 Udinus Semarang.

Dr. Ahmad Zainul Fanani, S.Si, M.Kom selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus dosen juri hadir memberikan sambutannya. Beliau mengungkapkan bahwa tahun ini adalah tahun pertama digelarnya FIK Student Awards. Dengan diselenggarakannya acara awarding ini, tujuannya dapat mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi dan berinovasi untuk Indonesia.

“Selain itu semoga FIK Udinus dapat meloloskan lebih banyak tim PKM dan PPK Ormawa hingga didanai ke tingkat nasional,” ungkapnya

FIK Student Awards diselenggarakan oleh tim Fakultas Ilmu Komputer yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FIK, dan Koordinator Kemahasiswaan FIK. Peserta terbagi menjadi 9 tim PPK Ormawa, 5 di antaranya sudah lolos tingkat DIKTI dan 7 tim PKM yang telah lolos seleksi administrasi tahap 1. Total peserta yang berpatisipasi adalah 170 mahasiswa.

Ketua pelaksana FIK Student Awards 2023, Angga Apriano Hermawan  menjelaskan penggabungan antara tim PKM dan PPK Ormawa menjadi peserta FIK Student Awards 2023 karena secara konsep dan teknis kegiatan secara keseluruhan sama. Perbedaannya ada pada tim yang terlibat saja. Untuk PPK Ormawa, tim mewakili organisasi mahasiswa dalam pelaksanaan programnya.

“Sedangkan untuk PKM dapat diwakili oleh individu atau mahasiswa biasa,” ungkap Angga.

FIK Student Awards merupakan acara final dari rangkaian acara workshop PKM dan PPK Ormawa. Terdapat beberapa kategori pemenang dalam acara penghargaan tersebut. Untuk PKM ada juara 1, 2, dan 3. Kemudian ada pula nominasi tim pelaksana terbaik, program terbaik, presentasi terbaik, dan jargon terbaik. Sementara itu, untuk PPK Ormawa nominasinya sama. Perbedaannya, tidak ada juara 1,2, dan 3, melainkan langsung sebagai ormawa terbaik.

“Sistematika pelaksanaannya, peserta harus mempresentasikan proposalnya secara langsung di depan dewan juri. Kemudian, juri akan melakukan penilaian secara langsung dan pengumuman diumumkan hari itu juga. Dewan juri yang terlibat adalah Dr. Ahmad Zainul Fanani, S.Si, M.Kom, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom, M.T, dan Etika Kartikadarma M.Kom,” jelas Angga.

Dewa Ayu Putri Tesalonika, pemenang juara 1 tim PKM pada FIK Student Awards mengaku senang dan bersyukur bisa mendapatkan kesempatan yang luar biasa ini. Proses yang dilaluinya bersama tim terbayar dengan kemenangan ini. Menurutnya, FIK Student Awards dapat memacu semangat mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi.

“Semoga FIK Student Awards dapat menjadi program rutin tahunan dengan nominasi yang semakin bervariatif ke depannya,” harap Tesa.

Penulis                        : Ika Safira

Sumber gambar        : Dokumentasi tim panitia FIK Student Awards 2023

Editor                          : Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: