5 Teknologi Yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2023

5 Teknologi Yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2023

Teknologi tercipta untuk memudahkan manusia. Teknologi akan terus berevolusi mengikuti perkembangan kebutuhan manusia. Tiap tahun hadir teknologi dengan versi terbaru mewarnai kehidupan manusia mulai dari aspek medis, komunikasi, pendidikan hingga ekonomi. Mengikuti tren teknologi modern akan membentuk dunia digital kita.

Tahun 2023 ruang gerak manusia di isi oleh teknolgi terbaru, empat ahli memprediksi tren Teknologi. Namun prediksi tersebut belum tentu sepenuhnya relevan. Teknologi diprediksi bisa jadi tren bertahun-tahun kemudian. Apa saja teknologi tersebut?

Berikut beberapa teknologi yang akan tren di tahun  2023:

  • AI Everywhere

Pada tahun 2023, kecerdasan buatan akan menjadi nyata dalam kehidupan manusia. AI memungkinkan bisnis apa pun memanfaatkan kekuatannya untuk menciptakan produk dan layanan yang lebih cerdas. Belanja dan pengiriman tanpa kontak dan otonom juga akan menjadi tren besar di tahun 2023. Teknolgi AI akan mempermudah konsumen untuk membayar dan menerima barang dan jasa.

AI juga akan mempermudah setiap pekerjaan di setiap proses bisnis lintas industri. Lebih banyak retailer akan menggunakan AI untuk mengelola dan mengotomatiskan proses manajemen inventaris kompleks yang terjadi di balik layar, sehingga tren kenyamanan seperti buy-online-pickup-at-curbside (BOPAC), buy-online-pickup-in-store (BOPIS), dan beli-online-return-in-store (BORIS), akan menjadi standar.

AI juga akan menjadi mesin di balik inisiatif pengiriman otonom terbaru yang sedang diujicobakan dan diluncurkan oleh pengecer, dan semakin banyak pekerja retail harus terbiasa bekerja bersama mesin untuk melakukan pekerjaan mereka.

  • Metaverse

Metavers merupakan dunia virtual dari internet yang lebih ‘imersif’ tempat kita dapat bekerja, bermain, dan bersosialisasi di platform yang terus-menerus. Para ahli memperkirakan bahwa teknologi metaverse akan menambahkan US$5 triliun ke ekonomi global pada tahun 2030, dan 2023 akan menjadi tahun yang menentukan arah metaverse untuk dekade berikutnya. Banyak Perusahaan yang sudah menggunakan teknologi metaverse seperti AR dan VR untuk melakukan pelatihan dan orientasi, dan tren ini akan meningkat pada tahun 2023. Raksasa konsultan Accenture telah menciptakan lingkungan metaverse yang disebut ‘Nth Floor’. Dunia virtual ini menampilkan replika kantor Accenture dunia nyata, sehingga karyawan baru dan karyawan saat ini dapat melakukan tugas terkait SDM tanpa harus hadir di kantor fisik. Hal ini juga didukung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Mark mengatakan bahwa VR dan AR akan menjadi penunjang utama bagi masa depan metaverse sebagai lingkungan virtual yang imersif.

  • Progress in web3

Teknologi Blockchain juga akan meningkat secara signifikan pada tahun 2023 karena perusahaan menciptakan produk dan layanan yang lebih terdesentralisasi. Misalnya, saat ini kami menyimpan semuanya di Cloud, tetapi jika kami mendesentralisasikan penyimpanan data dan mengenkripsi data tersebut menggunakan blockchain, informasi kami tidak hanya akan lebih aman, tetapi kami akan memiliki cara inovatif untuk mengakses dan menganalisisnya.

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) akan menjadi lebih bermanfaat dan praktis di tahun baru. Misalnya, tiket konser NFT berpotensi memberi Anda akses ke pengalaman dan memorabilia di belakang panggung. NFT mungkin merupakan kunci yang kami gunakan untuk berinteraksi dengan banyak produk dan layanan digital yang kami beli, atau NFT dapat mewakili kontrak yang kami buat dengan pihak lain.

  • Quantum Progress

Kemajuan Kuantum saat ini ada pada perlombaan di seluruh dunia untuk mengembangkan komputasi kuantum dalam skala besar. Komputasi kuantum yang menggunakan partikel subatomik untuk menciptakan cara-cara baru dalam memproses dan menyimpan informasi, merupakan lompatan teknologi yang diharapkan dapat memberikan kita komputer yang mampu beroperasi triliunan kali lebih cepat daripada prosesor tradisional tercepat yang ada saat ini.

Potensi bahaya dari komputasi kuantum adalah bahwa hal ini dapat membuat praktik enkripsi yang ada saat ini menjadi tidak berguna, sehingga negara mana pun yang mengembangkan komputasi kuantum dalam skala besar dapat membobol enkripsi negara, bisnis, sistem keamanan, dan banyak lagi. Ini adalah tren yang harus diperhatikan dengan cermat pada tahun 2023 karena negara-negara seperti AS, Inggris, Cina, dan Rusia menggelontorkan dana untuk mengembangkan teknologi komputasi kuantum.

  • Sustainable Tech

Sustainable Tech merupakan teknologi yang berkelanjutan. Selain lima tren yang diuraikan di atas, ada satu tren teknologi lain yang tidak bisa dinegosiasikan yang akan semakin menjadi sorotan di tahun 2023. Kita harus memastikan bahwa teknologi yang kita gunakan ramah lingkungan. Dengan beberapa teknologi berbasis data dan komputasi yang haus akan komputasi, biaya lingkungan terkadang dapat disembunyikan di pusat data Cloud yang tidak akan pernah dilihat atau disentuh oleh perusahaan yang menggunakan teknologi tersebut. Pelanggan dan investor semakin mencari kredensial ramah lingkungan, dan kita akan melihat lebih banyak lagi pada tahun 2023. Pusat data dan teknologi blockchain harus menjadi lebih ramah lingkungan, dan perusahaan harus memastikan bahwa mereka tidak membuang-buang sumber daya yang berharga untuk menyimpan data yang tidak mereka perlukan dan menjalankan algoritme yang tidak memberikan nilai tambah.

Nah itu tadi beberapa tren teknologi yang bisa jadi akan tren di tahun 2023 mendatang. Kalau kamu sendiri, gimana nih udah siap beradaptasi belum?

Penulis : Dwi Purwanti

Sumber: Forbes.com

Editor : Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: