Diadakan Kembali Secara Offline, Dinus Photo Walk 2023 Berlangsung Meriah

Diadakan Kembali Secara Offline, Dinus Photo Walk 2023 Berlangsung Meriah

Dinus Photo Walk (DPW) 2023 telah resmi dilaksanakan pada 25-26 Januari 2023 secara offline di Universitas Dian Nuswantoro Semarang setelah dua tahun terhalang Pandemi. Dengan mengangkat Tema: MERAKI “Mewujudkan Generasi Muda Kreatif Inovatif”, DPW VIII 2023 mengadakan kompetisi foto On The Spot dan naskah podcast yang diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Salah satu lokasi lomba fotografi On The Spot, Lawang Sewu

Lomba foto On The Spot dan naskah podcast dilaksanakan pada hari berbeda. Dimana lomba foto On The Spot dilaksanakan pada Rabu, 25 Januari 2023 di beberapa titik lokasi yang tersebar mulai dari kawasan Jl. Imam Bonjol, Taman Signature, Jl. Pemuda, Tempat Wisata  Lawang Sewu, Tugu Muda, Kawasan Kampung Pelangi, Pasar Bulu, hingga kawasan Yudistira.

Ariel Graciano Didimustanto, salah satu peserta lomba fotografi mengungkapkan bahwa DPW kali ini adalah sebagai sebuah pengalaman baginya yang seorang pemula dalam fotografi.

“DPW tahun ini adalah batu loncatan untuk aku sebagai pemula fotografer, selain untuk pengalaman, aku juga merasa bahwa aku semakin mengenal kotaku sendiri melalui lomba ini,” ujar Ariel.

Pameran hasil fotografi

Pada hari kedua, Kamis, 26 Januari 2023 menjadi puncak perhelatan DPW 2023, dimana diadakan pameran hasil fotografi para peserta lomba foto, seminar Podcast dan lomba naskah podcast yang bertempat di Auditorium H7 Universitas Dian Nuswantoro dengan mengundang Zahid Paningrome, seorang penulis novel dan podcaster ternama sebagai narasumber sekaligus juri lomba naskah podcast.

Zahid Paningrome, narasumber dan juri lomba naskah podcast DPW 2023

Para peserta lomba podcast yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa hingga umum pun membawakan naskah podcastnya dengan sangat baik dan menarik bersama keunikan masing-masing tim baik dari segi pembawaan hingga penggunaan bahasa daerah dalam menyampaikan materi podcast.

Diakhir acara sekaligus puncak rangkaian DPW 2023 sebagai rangkaian Dinus Fest 2023, para pemenang lomba baik dari fotografi hingga podcast turut diumumkan.

Salah satu pemenang lomba fotografi yakni Restu Naufal Vanjeka membagikan tips dan persiapannya untuk mengikuti lomba DPW 2023.

Restu Naufal Vanjeka, pemenang lomba fotografi On The Spot

“Kuncinya sih sering keluar nyari moment dan menentukan caption yang tepat untuk foto yang diambil,” Ungkap Restu.

Pasangan pelajar dari SMA Pradita Dirgantara Boyolali Caecillia dan Pijar Lintang, dari tim yang memenangkan lomba naskah podcast turut membagikan persiapan yang dilakukan.

Caecillia dan Pijar Lintang, pemenang lomba naskah podcast

“Jadi untuk persiapannya sendiri, kami itu baru diberi tahu sama pembimbing ekskul broadcast itu seminggu sebelum pendaftaran dan kami belum menyiapkan naskah sama sekali. Setelah itu kami nekat, karena mau ikut lomba kita harus ngajuin proposal sedangkan saat itu H-2 minggu sebelum pengumpulan karya namun, akhirnya diterima Kepala Sekolah dan akhirnya mulai bikin kerangka naskahnya dan latihan cara vokalnya,” ujar Pijar dan Caecillia.

Meski baru pertama kali mengikuti lomba naskah podcast, Caecillia dan Pijar mengungkapan bahwa kedepannya mereka ingin mengikuti lomba serupa.

Penulis: Riska Marcela

Sumber foto: Dokumentasi Wartadinus

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: