Perginya Sang Legenda Sepak Bola Brazil, Pelé

Perginya Sang Legenda Sepak Bola Brazil, Pelé

Dunia sepak bola internasional tengah berduka. Legenda sepak bola Brazil, Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé, meninggal pada 29 Desember 2022 di umurnya yang ke-82.

Beliau dikabarkan telah dirawat di rumah sakit semenjak bulan November 2022 dan dokter mengatakan bahwa beliau menghadapi kanker yang berkomplikasi dengan penyakit ginjal dan jantung. Sebelumnya, pada September 2021, beliau juga telah melakukan operasi pengangkatan tumor dari usus besarnya. Rumah sakit Albert Enstein, tempat Pelé dirawat, mengatakan bahwa beliau meninggal disebabkan oleh kegagalan beberapa organ.

Semasa hidupnya, Pelé berhasil mengukirkan namanya ke dalam sejarah sepak bola internasional sebagai pemain pertama dan satu-satunya  yang pernah menjuarai  Piala Dunia sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Saat pertama kali menjuarai Piala Dunia bersama Brazil pada tahun 1958, Pelé menjadi pemain termuda dengan usianya yang masih 17 tahun pada saat itu.    

Prestasi gemilang Pelé dimulai pada pertandingan semifinal Piala Dunia tahun 1958. Saat itu, Brazil betemu dengan tim Prancis yang diisi oleh pemain hebat seperti Just Fontaine, yang merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak dalam salah satu Piala Dunia. Namun, Brazil berhasil memenangkan pertandingan tersebut karena permainan apik dari seorang Pelé yang waktu itu menggila dengan mencetak hattrick dan mengakhiri pertandingan dengan skor 5-2. Pelé berhasil encetak rekor sebagai pemain termuda yang mampu mencetak hattrick pada Piala Dunia dengan usianya yang masih 17 tahun saat itu.

Just Fontaine pada saat itu mengaku sangat kagum melihat permainan Pelé walaupun tim nya baru saja dikalahkan olehnya.

“Ketika saya melihat Pelé bermain, saya merasa harus gantung sepatu,” ucap penyerang tim Prancis tersebut.

Tidak berhenti disitu, Pelé kembali menunjukkan kehebatannya ketika Brazil berhasil lolos ke final melawan Swedia. Pada pertandingan tersebut, Pelé membuat kagum para pemain dengan menjebloskan dua gol ke gawang Swedia sementara tiga gol lainnya dicetak oleh Vava dan Mario Zagallo, yang membuat tim Brazil berhasil membungkam Swedia yang menjadi tuan rumah dengan skor akhir 5-2. Sebuah kemenangan telak yang lagi-lagi membuat nama Pelé semakin didengar.

Setelah Piala Dunia 1958, Pelé juga menjuarai Piala Dunia tahun 1962 dan 1970 bersama tim nasional Brazil. Pada akhirnya Pelé menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mendapatkan gelar juara di 3 edisi Piala Dunia yang berbeda. Benar-benar representasi seorang legenda sepak bola. Kepergiannya sangatlah membekas pada sejarah sepak bola internasional.

“Raja sepak bola telah meninggalkan kita, tetapi apa yang dia wariskan tidak akan pernah terlupakan. RIP KING.” Kylian Mbappe, pemain dari tim PSG.

Rest In Peace Edson Arantes do Nascimento A.K.A Pelé

Penulis: Syafiq Hariyanto

Sumber gambar: Kompas.com

Editor: Mayang Luh Jinggan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: