KENALKAN MABA DENGAN UKM DAN ORMAWA DI ‘EXPO ORMAWA 2022-2023’

KENALKAN MABA DENGAN UKM DAN ORMAWA DI ‘EXPO ORMAWA 2022-2023’

Setelah dua tahun belakangan hanya dilakukan via daring saat Dinus Inside, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mengadakan pameran bertajuk ‘Expo Ormawa 2022-2023’ secara luring. Dengan tujuan memperkenalkan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kepada mahasiswa baru (maba) 2022/2023. Puluhan UKM dan Ormawa mendirikan stand yang telah dihias sedemikan rupa di halaman Gedung D Udinus untuk mempromosikan UKM dan Ormawa mereka masing-masing.

Kegiatan ini sukses menarik perhatian seluruh mahasiswa di Udinus. Berlangsung selama dua hari dimulai sejak Rabu, 28 September 2022 dengan serangkaian kegiatan yang menyenangkan dimana seluruh UKM dan Ormawa ini menampilkan karya-karya mereka baik di panggung maupun di stand masing-masing. Tak jarak banyak dari para mahasiswa yang tertarik kemudian memutuskan untuk mendaftarkan diri dan bergabung ke dalam salah satu Ormawa yang ada.

Expo Ormawa 2022-2023 ini didukung penuh oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M, dan telah resmi dibuka dengan dipukulnya gong oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof.Dr. Supriadi Rustad, M.Si. Selain itu, Dekan bersama Koordinator Kemahasiswaan dari lima Fakultas yang ada di Udinus juga serta merta hadir ikut memeriahkan kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M, menyebutkan total terdapat 31 UKM universitas dan 5 stand dari ormawa fakultas. Adanya kegiatan ini merupakan suatu terobosan agar mahasiswa baru menjadi lebih tertarik dengan Ormawa dan UKM yang ada di kampus, sehingga mereka bisa mengembangkan minat dan bakatnya dan bergabung bersama kemahasiswaan Udinus.

“Melalui kegiatan kemahasiswaan sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Udinus, baik itu prestasi akademik maupun non-akademik. Diharapkan melalui expo ini mahasiswa baru akan berkesempatan untuk melihat lebih dekat minat bakat apa yang akan mereka tekuni,” imbuhnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si, berharap mahasiswa bisa memaksimalkan pameran di setiap stand Ormawa dan UKM agar mahasiswa baru tergerak untuk bergabung sehingga bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing.

“Antara ilmu hardskill dan softskill harus didapatkan mahasiswa secara seimbang. Sehingga tidak hanya ilmu hardskill dari kelas saja yang harus dikuasai, namun banyak ilmu softskill yang bisa dipelajari di kemahasiswaan,” jelasnya.

Di hari kedua kegiatan expo ini semakin meriah dengan adanya penampilan dari masing-masing Ormawa dan UKM ke depan panggung. Para Ormawa dan UKM ini tidak secara cuma-cuma menghias stand agar menarik minat mahasiswa baru, tetapi juga menjadi ajang perlombaan dan dinilai langsung oleh tim kemahasiswaan yang kemudian diumumkan di akhir acara. Expo ini telah sukses dilaksanakan dan diakhiri dengan senyum kebahagiaan dari para juara terbaik menghias stand.

Penulis: Aninda Ratna Ghifarani

Sumber gambar: dokumentasi wartadinus

Editor: Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: