PENTINGNYA SISTEM INFORMASI AKADEMIK BAGI KAMPUS

PENTINGNYA SISTEM INFORMASI AKADEMIK BAGI KAMPUS

Apa Itu Sistem Informasi Akademik?

Sistem Informasi Akademik merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk keperluan pengelolaan data seputar akademik dengan menggunakan teknologi komputer baik hardware ataupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi.

Sistem Akademik berfungsi untuk membantu layanan pendidikan, sehingga kampus dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efisien kepada para penggunanya, baik di dalam maupun di luar kampus tersebut melalui internet. Terdapat berbagai fitur dan layanan dalam bidang pendidikan sehingga pengelolaan sistem akademik dalam suatu lembaga pendidikan menjadikan sistem informasi akademik sebagai fokus utama.

Apa manfaat Sistem Informasi Akademik?

Salah satu manfaat dibentuknya Sistem Informasi Akademik adalah memberikan kemudahan kepada para pengguna sistem dalam mengakses administrasi akademik kampus secara online. Seperti proses penawaran jadwal kuliah, penginputan Kartu Rencana Studi (KRS), Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), perwalian, serta pengelolaan data dosen dan mahasiswa.

Dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik, akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi apapun, dimanapun, dan kapanpun. Informasi yang dapat diakses diantaranya berupa transkrip nilai, Indeks Prestasi Komulatif (IPK), jadwal kuliah, daftar kehadiran, data mahasiswa maupun dosen, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan informasi akademik.

Kesulitan yang sering ditemui yaitu pada bagian internal kampus dengan banyaknya proses pengolahan data yang harus dilakukan dalam waktu yang dekat. Seperti contohnya, pengolahan data mahasiswa yang mengambil penawaran mata kuliah dan kelas dengan pengajar atau dosen. Pada pengolahan data tersebut akan didapat data transaksi berupa data kehadiran mahasiswa, data mata kuliah, data transkrip nilai, data jadwal ujian, data biaya pembayaran (status pembayaran mahasiswa), data dosen beserta atribut data gaji yang merupakan bagian dari sistem keuangan yang diterapkan pada sisi keuangan.

Dengan dibentuknya suatu sistem akademik pada kampus, diharapkan pengolahan data antara pengguna dan bagian sistem akademik yang menerima inputan dari mahasiswa serta transaksi kegiatan perkuliahan dan kegiatan administrasi antara mahasiswa dan perguruan tinggi tersebut dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Penulis: Diandra Female

Sumber: Sevima.com

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: