Wartadinus Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar 2021 dengan Antusias Tinggi

Dalam rangka menyambut anggota baru Warta Dinus periode 2021/2022, UKM Warta Dinus mengadakan Webinar Pelatihan Jurnalistik Dasar 2021 selama 2 hari pada tanggal 4-5 Desember 2021. Dikarenakan dalam kondisi pandemi, PJD 2021 ini  dilaksanakan melaui layanan video coference. Menariknya pada periode kali ini, PJD diadakan secara nasional dan juga diikuti oleh masyarakat umum, tidak hanya anggota baru seperti sebelumnya.

Pelatihan Jurnalistik Dasar 2021 hari pertama pada 4 Desember 2021 ini, diikuti dengan antusias yang tinggi oleh para peserta, hal ini disebabkan karena adanya pembicara yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. Acara dimulai pada pukul 08.25 WIB, yang dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari Swita Amallia Hapsari.M.I.Kom selaku pembina UKM Warta Dinus, dilanjut dengan sambutan ketua acara oleh Istnayni Aurduri Maulidina.

Setelah itu, dilanjutkan pengenalan pembicara materi yaitu, Agus Toto Widytamoko.S.IP, M.I.Kom yang merupakan Pemimpin Redaksi Media Online Suaramerdeka.com selaku pembicara untuk materi kepenulisan. Sebagai pembicara, beliau membagikan pengalaman dan ilmu sebagai seorang jurnalis. Materi yang disampaikan yaitu, mengenai media jurnalistik, jenis-jenis berita, ciri-ciri berita, dan menjelaskan bagaimana pesan dalam berita dapat tersampaikan kepada pembaca. Selain itu, beliau juga menambahkan untuk tidak menyalahi aturan kode etik jurnalistik yaitu, memberitakan dengan vulgar dan gamblang tentang kriminalitas atau bencana.

Dalam sesi berikutnya, dilanjutkan oleh pembicara kedua yang merupakan alumni Warta Dinus yakni Haris Rizky. Beliau membagi suka-duka dan pengalamannya ketika menjadi anggota LPM Warta Dinus. Seperti ketika melaksanakan, liputan langsung di lokasi kejadian dan menulis berita.

“Ketika menjadi anggota Warta Dinus selain menambah skill jurnalistik, juga meningkatkan skill public speaking dengan adanya liputan wawancara dengan narasumber,”ujarnya.

Setelah sesi kepenulisan selesai dilanjut dengan penyampaian materi mengenai desain dalam jurnalistik. Alya Novinda selaku pembicara materi desain menjelaskan mengenai pentingnya lay out/tata letak tampilan pada media jurnalistik bahwa warna, dan font dapat menjadikan berita memiliki tampilan yang lebih menarik. Selain itu, beliau juga memberi berbagai tips desain majalah, infografis, dan konten berita di sosial media agar pembaca tertarik untuk melihatnya.

Setelah sesi penyampaian materi selesai, dilanjut ke pembicara kedua dalam materi desain yang juga merupakan alumni LPM Warta Dinus yakni Putri Riskayana. Sama seperti pembicara kedua dari materi kepenulisan, Putri juga menceritakan suka-duka dan pengalamannya saat menjadi anggota LPM Warta Dinus. Dalam divisi desain, ia sering mendesain poster dan lain sebagainya ketika ada acara besar. Ia juga menambahkan bahwa desain yang dibuatnya dapat digunakan sebagai portofolio CV yang berguna ketika mencari pekerjaan.

Acara berlangsung dengan meriah dari awal hingga akhir acara, karena para peserta aktif dalam bertanya, dan juga dengan adanya ice breaking yang berupa games singkat yang mampu mencairkan suasana. Seru dan menariknya serangkaian acara Pelatihan Jurnalistik Dasar 2021 pada hari pertmana ini menjadikan para perserta semakin tidak sabar untuk mengikuti PJD 2021 hari kedua, 5 Desember 2021.

 Penulis: Mayang Luh Jinggan

Editor: Riska Marcela

Sumber foto: Dokumentasi LPM Warta Dinus

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: