KENALI MACAM-MACAM DIABETES

KENALI MACAM-MACAM DIABETES

Ciri gejala diabetes harus kita mulai kenali sejak dini agar dapat mncegahnya terlebih dahulu sebelum terlambat. Karena jik⁴a kita terlambat menyadari gejalanya efeknya akan sangat bahaya untuk kesehatan.
Diabetes adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Diabetes atau kencing manis ini adalah saalah satu kondisi dimana kadar gula darah meningkat atau melampaui batas normal. Gula darah yang tidak dapat diserap oleh sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Maka dari itu kita perlu mengenali beberapa ciri diabetes sejak dini, agar tidak terlambat dalam melakukan penanganan.
Gejala diabetes atau kencing manis pada setiap penderita biasanya berbeda, tergantung pada jenis diabetes apa yang dialami. Namun secara umum ada beberapa gejala yang menunjukan gejala diabetes yaitu; sering lapar dan mudah lelah
Penderita diabetes sering mengalami lapar dan mudah lelah dikarenakan adanya gangguan pada hormon yang memproduksi insulin pada penderita diabetes.
Akibatnya sel tubuh tidak dapat mengelola gula menjadi energi yang kemudian berimbas menjadi rasa lapar dan mudah lemas.

Sering buang air kecil terutama pada malam hari
Rata-rata orang normal akan buang air kecil sebanyak 7 kali selama 24 jam. Namun penderita diabetes akan buang air kecil lebih banyak daripada kondisi orang normal. Hal ini dikarenakan karena kadar gula darah terlalu tinggi sehingga ginjal mencoba mengeluarkannya dengan menyaring melalui urine.

Luka menjadi sukar sembuh

Ini adalah gejala yang paling umum yang dirasakan oleh penderita diabetes.

Kaki dan tangan sering kesmutan
Sering kesemutan ini perlu diwaspadai karena ciri ini juga merupakan gejala diabetes. Dalam kasus penyakit diabetes kesemutan terjadi karena kerusakan saraf yang diakibatkan oleh kadar gula darah terlalu tinggi.

Infeksi saluran kemih
Hal ini meliputi;

Nyeri saat buang air kecil
Rasa seperti terbakar atau panas saat buang air kecil
Air kencing yang keluar disertai darah atau berwarna gelap dan keruh.

Masalah pada gusi
Diabetes jenis tertentu akan mengakibatkan gangguan pada gusi. Dimana gusi menjadi merah, bengkak dan terasa lunak. Penderita diabetes akan lebih sering mengalamii gusi bengkak, infeksi pada gusi yang menyebabkan gigi menjadi goyang.

Berkurangnya massa otot
Gejala diabetes lainnya yang perlu disadari adalah berkurangnya massa otot. Kadar gula yang yang tinggi dapat menyebabkan tubuh memecah sel-sel otot dan lemak untuk menjadi energi. Sehingga dapat menjadikan penderitanya menjadi lemah.

Mengetahui beberapa gejala diabetes dapat membuat kita menjadi lebih waspada mengenai penyakit diabetes yang menyerang secara diam-diam.

Rutin menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan yang seimbang dan melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin merupakan langkah untuk mencegah penyakit ini datang.

Penulis : Meimanah
Editor : Almira Felicia
Sumber : Sehatq.com
Gambar : Pixabay

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: