MEMAKAN ES BATU DAN MINUM AIR DINGIN BERDAMPAK BURUK BAGI WANITA YANG SEDANG MENSTRUASI?

Sudah bukan hal baru bahwa banyak orang mengatakan bahwa saat wanita sedang haid dilarang minum air es atau air dingin karena bisa membuat darah haid menjadi beku. Namun hal itu hanyalah mitos saja atau bisa dikatakan bahwa hal itu termasuk hoax, karena secara medis dikatakan bahwa saluran pencernaan dan saluran reproduksi adalah dua tempat yang berbeda di dalam tubuh. Jadi tidak ada kaitannya darah haid yang beku dengan air dingin yang diminum atau di konsumsi oleh wanita saat sedang haid.

Jadi sangat mustahil jika hal ini dikatakan akan mengganggu sistem reproduksi wanita. Seperti yang diketahui bahwa makanan dan minuman yang manusia masukan ke dalam tubuh akan diolah melalu sistem pencernaan dan zat-zat tersebut akan diserap sendiri oleh tubuh manusia dan juga proses metabolisme tubuh yang berbeda jadi tidak ada hubungannya antara mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu akan mengganggu sistem reproduksi wanita saat sedang haid.

Jika banyak orang mengatakan bahwa minum air es atau memakan es batu dapat menimbulkan hal-hal buruk ketika sedang haid dan sudah terbukti bahwa itu hanyalah hoax dan mitos maka inilah beberapa manfaat dari hal-hal diatas.Manfaat minum air es saat haid meningkatan detak jantung air dingin akan membantu tubuh menjadi lebih fresh dan segar juga siap memulai hari di pagi hari dengan menghilangkan rasa kantuk,terutama bagi mereka yang mengalami nyeri haid di pagi hari.

Minuman yang harus dihindari saat haid :

1. Alkohol Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu jadwal haid yang tidak rutin,juga bisa menyebabkan nyeri haid yang teramat sakit.

2. Kopi Mengandung kafein yang lumayan tinggi di dalamnya yang juga bisa menyebabkan asam lambung naik dan membuat nyeri haid menjadi lebih sakit dari sebelumnya.

3. Soda Minuman yang mengandung gula dan kafein yang tinggi,yang jika masuk ke dalam tubuh saat sedang haid dapat membuat gejala haid menjadi semakin parah.

Penulis : Nagita Kusuma Ramadhani

Photo : Freepik

Editor : Vashti Bidadari

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: