FAKTA – FAKTA MENARIK JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

“We cannot not communicate”, kalimat ini sudah tidak asing bagi mereka yang mempelajari ilmu komunikasi. Aksioma dasar komunikasi tersebut dikemukakan oleh Paul Watzlawick, Janet Beavin, dan Don Jackson yang berarti kita sebagai manusia tidak mungkin tidak berkomunikasi.

Bicara soal ilmu komunikasi, ternyata jurusan ini tidak hanya sekadar ngomong, lho! Ada fakta-fakta menarik dari jurusan ilmu komunikasi, apa saja ya?

Mari kita simak bersama-sama!

1. Bukan Bincang Biasa

Jurusan Ilmu Komunikasi pastinya berhubungan langsung dengan manusia karena kita terlibat dalam sebuah percakapan. Eits! Bukan percakapan biasa, namun percakapan bermakna yang memiliki tujuan tertentu, seperti lobby dan negosiasi, public speaking, hingga komunikasi persuasif yang bisa memengaruhi orang lain!

2. Mata Kuliah Seru dan Up to Date

Siapa bilang jurusan Ilmu Komunikasi hanya sekadar ngobrol? Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang luas dan dinamis mengikuti perkembangan zaman. Kita akan mempelajari kemampuan editing di mata kuliah Desain Grafis, melatih kemampuan menangkap obyek dengan lensa kamera di mata kuliah Fotografi, menyelenggarakan event dalam mata kuliah Event Organizing, menulis press release melalui mata kuliah Public Relations, belajar tentang bisnis di Komunikasi Bisnis, hingga kesenian jika universitas menyediakan konsentrasi Komunikasi Seni dan Kreatif.

3. Relate Dengan Kehidupan

Mata kuliah dan berbagai macam ilmu yang didapatkan di jurusan Ilmu Komunikasi sangat sesuai dengan apa yang kita alami dalam kehidupan sehari-sehari, hal ini memudahkan kita dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu komunikasi.

4. Meningkatkan Self Esteem

4 tahun masa perkuliahan, kita akan dilatih untuk berani berhadapan dengan orang lain dengan belajar menjadi Master of Ceremony (MC), public speaker, wartawan, negosiator, dan masih banyak lagi. Berbagai latihan ini akan membentuk dan meningkatkan kepercayaan diri kita.

5. Tampil Modis

Tuntutan untuk tampil prima di hadapan orang lain menjadikan mahasiswa Ilmu Komunikasi harus memperhatikan penampilan. Padu padan yang sesuai dengan situasi dan kondisi menjadi salah satu kemampuan non-akademik yang dimiliki oleh setiap insan komunikasi.Itulah sedikit fakta-fakta seputar jurusan Ilmu Komunikasi. Menyandang status sebagai “anak komunikasi” memang terasa keren, namun juga terdapat tanggung jawab besar di baliknya karena kita harus mengedukasi masyarakat melalui konten-konten kreatif yang kita produksi. Kesungguhan dan kemauan untuk belajar akan membuat perkuliahan menjadi menyenangkan. Semoga setelah membaca ulasan ini, semakin banyak orang yang akan mempelajari Ilmu Komunikasi.

Sumber : kompas. com

Photo : Freepik

Penulis : Lydia Desi Christina Wati

Editor : Vashti Bidadari

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: