INI DIA 4 REKOMENDASI OLAHRAGA SAAT BERPUASA

INI DIA 4 REKOMENDASI OLAHRAGA SAAT BERPUASA

Memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa. Bagi umat muslim, puasa adalah kegiatan menahan diri dari makanan dan minuman juga perbuatan tercela. Hal tersebut dilakukan selama kurang lebih 13 jam terhitung dari sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Saat menjalankan puasa, tubuh memang tidak mendapatkan suplai makanan. Namun, olahraga tetap harus dilakukan demi menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar serta terhindar dari penyakit. Seperti yang dilansir dari laman kompas.com, menurut Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitas Medik Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Deta Tanuwidjaja, kurangnya aktivitas olahraga selama bulan Ramadan ditambah adanya pandemi Covid-19 justru dapat meningkatkan risiko terkena infeksi sedang hingga tinggi.

Lalu, apa saja jenis olahraga yang dapat dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa? Simak rekomendasinya di bawah ini.

Olahraga yang dapat dilakukan di bulan Ramadan.

1. Jalan santai
Jalan santai dapat menjadi alternatif pertama ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa. Meski tergolong olahraga ringan, jalan santai juga memiliki segudang manfaat lho, seperti menurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga mengurangi stress. Nah, saat puasa, kamu bisa melakukan jalan santai di pagi hari setelah subuh.

2. Bersepeda
Sejak awal pandemi, bersepeda menjadi hobi dan tren baru bagi masyarakat Indonesia. Olahraga ini juga masih bisa dilakukan saat masih berpuasa. Bersepeda dapat menjaga kesehatan otot dan sendi. Di bulan puasa seperti ini, kamu dapat bersepeda di sore hari sembari berburu takjil lho.

3. Yoga
Yoga terbilang tidak membutuhkan tenaga banyak sehingga dapat menjadi alternatif lain. Seperti yang dikutip dari laman halodoc, yoga juga memiliki keterikatan sendiri dengan puasa, sehingga sangat baik untuk dilakukan secara bersamaan. Saat ini banyak pelatihan yoga di youtube, sehingga kamu dapat mengikutinya melalui platform tersebut.

4. Skipping
Alternatif terakhir yaitu skipping. Olahraga skipping atau lompat tali adalah olahraga kardio yang membuat seluruh tubuh bergerak sehingga jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak. Olahraga ini termasuk ke dalam jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah, sehingga cocok dilakukan saat sedang berpuasa.

Itu dia empat rekomendasi olahraga saat menjalankan ibadah puasa, tentunya dapat membuat tubuh menjadi segar bugar dan terhindar dari penyakit. Namun, ada baiknya untuk melakukan olahraga saat menjelang sore hari agar setelahnya tubuh bisa mendapat asupan cairan. Tetap terapkan protokol kesehatan dan jangan lupa lakukan pemanasan supaya tidak cedera saat berolahraga.

Penulis: Indah Suryaningsih

Editor: Almira Felicia

Sumber gambar: Kompas.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: