NU AJAK PERINGATI HARI LAHIR NU KE-95 DENGAN MARAK MELALUI SOSIAL MEDIA

NU AJAK PERINGATI HARI LAHIR NU KE-95 DENGAN MARAK MELALUI SOSIAL MEDIA

Tepat pada 31 Januari 2021 merupakan hari peringatan lahirnya organisasi keagamaan Islam yakni Nahdatul Ulama (NU) yang jatuh sejak 95 tahun yang lalu, tepatnya pada 31 Januari 1926 silam. Jika dalam penanggalan Hijriyah, penanggalan jatuh pada 16 Rajab 1344 saat didirikannya organisasi keagamaan tersebut. Jika menurut penanggalan Hijriyah, Hari Lahir NU tepat 98 tahun pendiriannya pada tahun ini, tahun 1442 Hijriyah.

Berdirinya NU digagas oleh para kiai dari Pulau Jawa seperti  Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang memiliki popularitas dikalangan umatnya. Para ulama menggelar sebuah pertemuan di rumah K.H. Wahab Chasbullah yang terletak di Surabaya. Tujuan pendirian NU ialah menjadi wadah khusus untuk mempertahankan Islam tradisional di Indonesia dengan paham Ahlus-Sunnah wal Jama’ah (aswaja) atau yang lebih dikenal sebagai Islam Sunni. Ajaran tersebut bersumber dari Al-Qur’an, sunnah, dan bersifat rasional empirik berdasarkan Ijma’ (keputusan-keputusan para ulama sebelumnya) dan Qiyas atau kasus-kasus yang ada dalam cerita al-Qur’an dan hadis.

Pada tahun 2021 ini, tema yang diusung oleh NU pada Hari NU ke-95 ialah ‘Khidmah NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan’. Logo NU ke-95 kali ini, mengandung makna untuk meneguhkan komitmen kebangsaan, serta konsistensi dalam membawa Islam yang Rahmatan lil alamin.

Logo NU ke-95 tahun

Menurut Dain Nur Rafita Ardani Rahmansyah, selaku perancang desain logo NU 2021 menjelaskan, jika logo tersebut terdapat simbol berbentuk penggabungan angka sembilan dan angka lima di bagian tengah sesuai dengan berapa lama NU berdiri. Konsistensi atau keajegan merupakan makna dari dua bulatan yang berbentuk seperti angka delapan, dan warna dasar emas dan hijau menggambarkan kemuliaan dan kedamaian.

Pada tahun ini, pandemi Covid-19 masih membara di penjuru dunia tak terkecuali Indonesia. Meskipun demikian, para umat Islam di Indonesia menanti hari jadi NU ke-95 ini dengan kekinian, yakni memasang Twibbon logo hari jadi NU 2021 di akun media sosialnya.

Selanjutnya, terdapat rangkaian peringatan hari jadi NU pada tahun ini. Dimulai dari hari ini hingga pada tanggal 28 Februari 2021 sebagai puncak peringatan hari jadi NU menurut penanggalan hijriyah. Di tanggal tersebut, NU akan melakukan Istighotsah, doa bersama, semaan Al-Qur’an, diskusi, ziarah ke makam tokoh NU, dan bakti sosial, seperti yang dipaparkan H Munawir, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu, seperti yang dikutip dari nu.or.id. “protokol kesehatan tetap menjadi pedoman dalam menjalankan kegiatan NU di Pringsewu. Karena kewajiban memutus rantai penyebaran Covid-19 jelasnya, bukan hanya tugas pemerintah, namun tugas semua elemen masyarakat,” paparnya.

Diharapkan NU bisa menjadi organisasi yang mempunyai peran besar terhadap toleransi, perdamaian, dan memajukan kualitas masyarakat lewat pendidikan atau bidang lainnya di Indonesia

Penulis : Mayang Luh Jinggan

Editor: Almira Felicia Anjar

Gambar : Instagram @nahdlatululama

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: