MAHASISWA FKES UDINUS DIAJAK UNTUK BERPERAN DALAM MEMERANGI PANDEMI COVID-19

MAHASISWA FKES UDINUS DIAJAK UNTUK BERPERAN DALAM MEMERANGI PANDEMI COVID-19

Mahasiswa Baru Fakultas Kesehatan (FKES) Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) diajak berperan langsung untuk menjadi tenaga kesehatan dalam memerangi Pandemic Covid-19, dalam kuliah umum pada hari ini 22 September 2020.

Tema yang diangkat dalam kuliah umum tersebut yaitu “PERAN TENAGA KESEHATAN DI MASYARAKAT, INSTANSI DAN LINGKUNGAN DALAM MERESPON PANDEMI”. Yang diikuti sebanyak 198 mahasiswa kesehatan masyarakat, 253 mahasiswa D3 Rekam medik, dan 35 mahasiswa Kesehatan lingkungan, dan total ada 480 mahasiswa baru Fkes.

Dalam Kuliah Umum terdapat 4 sesi yaitu sesi 1 dimulai dengan sambutan dari Dekan Fkes Dr. Guruh Fajar Shidik, lalu dilanjutkan dengan pemutaran video perkenalan dosen di fakultas kesehatan, lalu masuk ke materi pertama tentang Kepemimpinan dan Karakter oleh Dekan Fkes “Meski dalam keadaan pandemi saat ini panitia dapat mempersiapkan dengan baik meski tidak saling bertemu” ujarnya.

Gambar: Dekan Fkes Dr. Guruh Fajar Shidik

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Sekretaris Dekan Fkes Eti Rimawati, SKM, M.Kes tentang Sistem akademik dan etika, dan materi terakhir tentang kemahasiswaan, setelah itu sesi 1 selesai ditutup dengan post test .

Materi utama dalam Kuliah umum dibawakan langsung oleh Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes, M.Sc.Ph Dosen dari Makassar tentang “Peran Tenaga Kesehatan Di Masyarakat, Instansi Dan Lingkungan Dalam Merespon Pandemi. “Peran kesmas mensosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat umum. Anda adalah duta udinus, duta kesehatan, jika mahasiswa mengambil peran untuk membagikan pesan positif ke masyarakat sehingga kita bisa bersama-sama keluar dari pandemi ini” harapnya.

Gambar: Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes, M.Sc.Ph

Dan dalam closing statement nya beliau juga berkata barkata bahwa Tenaga kesehatan adalah “setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan” ungkapnya.

Dalam akhir kuliah umum MC mempersilahkan kepada mahasiswa baru yang ingin bertanya jawab kepada narasumber menyangkut tema kuliah pada hari ini.

Penulis: Amrina Rosyada

Editor: Amrina Rosyada

Gambar: Amar Taufiqul Fatah

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: