JAKOB OETAMA, SALAH SATU TOKOH PERS INDONESIA WAFAT

JAKOB OETAMA, SALAH SATU TOKOH PERS INDONESIA WAFAT

Kepahitan tahun 2020 belum juga reda, kali ini salah satu tokoh pers Indonesia Jakob Oetama menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta pada Rabu (9/9). 

Jakob lahir pada 27 September 1931, dan menutup usia di umur 88 tahun. Konfirmasi oleh Kompas, Jakob Oetama tutup usia pada pukul 13.05 WIB setelah sempat dirawat karena mengalami gangguan multiorgan. Juga sudah dilakukan swab test dengan hasil negatif.

Jakob Oetama merupakan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas pada 28 Juni 1965 silam. Ia bersama PK Ojong berhasil membuat Kompas menjadi salah satu media besar di Indonesia, namun Ojong lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa pada 1980.

Setelah di dibawa dari rumah duka, kabarnya jenazah akan dimakamkan pada Kamis (10/9/2020) di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Seperti dilansir oleh Kompas, beliau memegang peghargaan Bintang Mahaputra. “Karena Bapak juga pemegang penghargaan Bintang Mahaputra, akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata,” Ujar Rusdi Amral, mewakili Kompas Gramedia.

“Tentu kami sangat kehilangan orang tua kami, sosok pemimpin kami yang tidak meninggalkan identitasnya sebagai wartawan, yang terus menanamkan nilai-nilai kejujuran dan integritas, serta humanisme buat kita semua di Kompas Gramedia. Tidak saja untuk Harian Kompas tapi juga semua unit usaha yang beliau dirikan dengan satu tujuan utama bagaimana lembaga ini bisa ikut mencerdaskan dan mencerahkan bangsa,” tambah Rusdi.

“Janganlah kita kerdil. Kita sulit, orang lain lebih sulit. Janganlah kita pasif dengan sekitar. Selalu beriteraksi dengan lingkungan masyarakat.” Salah satu dari sekian banyak quotes dari Jakob Oetama, selamat Jalan Jakob Oetama, ilmu dan karya akan selalu diingat oleh juru kabar di Indonesia.

Penulis: Anugrah Tri Ramadhan

Editor: Almira Felicia Anjar

Ilustrasi: Visual Interaktif Kompas

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: