[HOAX] APAKAH BENAR VIRUS CORONA BISA MENYBAR LEWAT HP XIAOMI?

[HOAX] APAKAH BENAR VIRUS CORONA BISA MENYBAR LEWAT HP XIAOMI?

Di awal tahun ini, dunia digemparkan dengan ‘serangan’ virus corona yang mengakibatkan ribuan nyawa melayang, virus ini diberi nama 2019-nCoV. Virus yang disinyalir berasal dari Wuhan, China ini merupakan virus yang sejenis dengan penyebab penyakit mears dan sars. Di mana dari ketiga grafik masing-masing penyakit ini memang sama-sama mematikan, tetapi penyebaran 2019-nCov ini terlihat lebih cepat dibanding dengan virus yang lain.

Twit dari akun @coromodol tentang virus Corona

Tak heran banyak informasi yang lalu lalang di media sosial, baik itu dari akun kredibel maupun akun anonim atau tanpa identitas. Hal itu mengakibatkan ada banyak informasi yang membuat jagat internet gempar. Seperti akun twitter yang bernama @coromodol ia berkicau bahwa “virus corona nyebar lewat hp xiomi”. Entah motif dari tweet ini dimaksudkan hanya sekedar lelucon dark joke atau memang pemilik akun ini menyebarkan informasi yang salah. Namun yang jelas tanggapan dari kicauan ini mendapat berbagai respon dari masyarakat, hal ini bisa dilihat puluhan ribu responden pada tweet tersebut. Meskipun kicauan ini berasal dari akun yang tidak jelas, tetapi informasi semacam ini sangat berbahaya di Masyarakat Indonesia karena bisa mengakibatkan kegaduhan dan ketegangan, entah itu dari masyarakat luas atau pengguna ponsel merk Xiaomi.

Terlepas dari apa motif kicauan ini, tapi apakah benar 2019-nCoV bisa menyebar lewat ponsel Xiaomi ?

Cek Fakta!

Untuk pengguna ponsel Xiaomi diharapkan tenang dan jangan panik. Media-media kredibel yang sudah melakukan wawancara dengan para ahli dan sudah mendapatkan beberapa bukti. Bahwa sangat sulit atau bahkan bisa dipastikan virus 2019-nCoV tidak menyebar lewat benda mati, termasuk smartphone Xiaomi.

Berita yang menyebar melalui akun FB : Adi Asto Budi

Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantono mengindikasikan bahwa penularan virus hanya melalui manusia ke manusia. Bahkan hingga sekarang sudah 218 warga Cina tertular virus tersebut, dengan empat kasus kematian.

Mari kita telusuri lebih dalam,

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu pada liputan6.com saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan berujar “Ya, enggak begitu. Virus corona akan mati kalau kena panas di luar. Dan penularan virus corona lewat barang belum ada rilis resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).” ujarnya di Jakarta (5/2/2020).

Hal serupa juga dikatakan oleh Achmad Yurianto, selaku Sekretaris Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada tirto.id yang dikutip dari rilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) bahwa virus itu ibarat tanaman benalu yang selalu membutuhkan inang yang hidup, “Virus itu sama persis dengan benalu di pohon. Benalu tidak akan hidup di pohon yang mati. Terkait dengan barang-barang tentu bukan sel hidup, sehingga virus akan mati. Karenanya sangat tidak mungkin sangat tidak mungkin jika menular melalui barang maupun pakaian,” ujar Achmad Yurianto.

Kesimpulan

Jadi informasi soal virus corona menyebar lewat hp Xiaomi atau benda mati lainnya bisa disimpulkan itu informasi yang salah. Meski begitu kita tetap harus waspada dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan di lingkungan kita. Mulai membiasakan diri dengan mencuci tangan dengan sabun cair atau sejenisnya. Kemenkes menghimbau supaya masyarakat bisa hidup lebih bersih dan sehat supaya mencegah tertular virus Corona.

Sumber :

https://tirto.id/virus-corona-sulit-menyebar-lewat-benda-mati-apalagi-hp-xiaomi-ev4Q

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4166863/cek-fakta-benarkah-virus-corona-bisa-menyebar-melalui-ponsel-xiaomi-dan-barang-impor-china-lainnya

https://medium.com/@panakoimi/review-xiaomi-redmi-5-smartphone-layar-gede-mewah-tapi-murah-b3925fabf235

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: