FEB UDINUS KEMBANGKAN ILMU STATISTIK LEWAT WORKSHOP

FEB UDINUS KEMBANGKAN ILMU STATISTIK LEWAT WORKSHOP

Demi tingkatkan kompetensi dosen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar workshop uji statistik. Workshop yang bertajuk ‘Pengolahan Data Statistik Dengan Eviews 8.0’ tersebut diikuti oleh dosen pada Jumat, 31 Januari 2020.

Workshop yang dihadiri oleh kurang lebih 45 dosen FEB Udinus bertempatan di Labolatorium Akuntansi gedung C lantai 5 Udinus. Pelatihan tersebut mendatangkan pembicara Akhmad Syakir Kurnia MSi., PhD, selaku dosen sekaligus ketua bagian departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) FEB Universitas Diponegoro (Undip). Dalam pelatihan tersebut juga, dihadiri oleh DR Mahmud SE, MM selaku wakil dekan FEB, Anna Sumaryati SE, M.Si selaku ketua prodi (kaprodi) akuntansi serta dosen lainnya. Setiap dosen juga mempraktikan langsung software eviews menggunakan laptop pribadi.

Dalam sambutannya, Dr. Mahmud selalu wakil dekan FEB menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para dosen yang sudah menghadiri workshop tersebut. Pelatihan ini dilakukan dalam rangka mengenalkan beberapa varian program untuk mengelola data statistik. “Semakin banyak alat statistik yang kami pahami, maka akan semakin baik juga bagi kami para dosen untuk memahami ilmu statistik,” ujarnya.

Akhmad Syakir yang juga merupakan ahli di bidang Ekonomi Makro Ekonometrika Ekonomi, menjelaskan bahwa pengelolaan data yang paling mudah menggunakan eviews. Ia juga berbagi pengalamannya dalam menggunakan aplikasi pengolah data statistik. “Pada aplikasi eviews semua fitur sudah tersedia dapat diakses dengan mudah oleh menggunanya, softwere tersebut juga terus mengembangkan metode statistik hingga saat ini,” tegasnya.

Dalam kegiatan workshop uji statistik seluruh dosen mempraktikan secara langsung aplikasi eviews menggunakan laptop pribadi masing-masing. Selagi pembicara menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut dari awal hingga akhir. Beberapa dosen yang sudah alhi di bidang statistik juga tidak sungkan untuk membantu dosen lain yang kesulitan.

Sementara itu, Imang Dapit Pamungkas SE.,M.Si.,Ak.,CA.,CIBA selaku dosen sekaligus panitia pelaksana menjelaskan tujuan dari wokshop tersebut. Dosen diharapkan bisa mengikuti perkembangan software statistik. “Ilmu ststistik tiap tahunnya akan terus berkembang setiap tahunnya, dan terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebutlah yang harus terus diikuti oleh semua dosen FEB Udinus,” ungkapnya.

Penulis : Haris Rizky Amanullah
Editor : Mila Elmeida

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: