INSTAGRAM MACET, RODA BISNIS MANDEK

INSTAGRAM MACET, RODA BISNIS MANDEK

Instagram down pada tanggal 28 februari 2019, itu berarti ada mata pencaharian orang-orang yang sempat “mandek” atau terhenti hanya karena aplikasi ini mengalami gangguan. Di Indonesia sendiri pengguna instagram dan facebook merupakan yang terbesar ke-4 di dunia. Instagram sebagai sosial media yang banyak digandrungi oleh milenial, memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan sosial media lain, terutama pada fitur yang terkenal lebih inovatif. Berkat sumbangsih instagram, saat ini ada pekerjaan yang mungkin sebelum era milenial seperti sekarang rasanya sulit dibayangkan, seperti menjadi seorang selebgram.

Apa sih selebgram itu? Ada banyak orang-orang mendefiniskan selebgram itu sendiri, selebram dapat diartikan sebagai pengguna instagram yang memiliki pengikut cukup banyak. Selebram biasanya mengiklankan produk orang lain yang membayar mereka untuk melakukan video review yang akan diunggah instagram seorang selebgram, atau yang biasa disebut “paid promotion”. Dengan jumlah pengikut yang banyak maka secara otomatis, produk yang diiklankan seorang selebgram pun akan dilirik oleh banyak orang.

Tapi apa jadinya jika aplikasi yang satu ini mengalami gangguan?, sudah pasti akan banyak pengguna yang merasa terganggu. Lebih parah lagi akan ada orang yang mata pencaharianya akan terputus. Pada hari kamis (28/11) instagram sempat ada gangguan. Gangguan tersebut berupa aplikasi yang tidak bisa dibuka, tidak dapat melihat postingan dari orang yang di ikuti. Hal tersrbut tentu akan mengganggu perputaran bisnis yang dilakukan oleh selebgram. Seorang selebgram yang biasa menawarkan produk orang lain melalui akun meraka, tidak akan bisa melakukan video review yang di unggah lewat instgram stories mereka.

Seorang selebgram kebanyakan berasal dari kaum milenial, di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memiliki beberapa mahasiswa yang bisa dikatakan sebagai selebgram. Dengan merujuk pada definisi selebgram yang memiliki banyak pengikut dan memiliki konten-konten tersendiri, selebgram tersebut memiliki nama akun instagram “wipangs” yang kurang lebih memiliki pengikut sebanyak 50 ribu pengikut. Selain wipangs ada lagi mahasiswi udinus yang bernama Sindy Nur Afifah, yang memiliki nama akun instagram bernama “sindy.na” dengan memiliki kurang lebih 3 ribu pengikut.

Penulis : Anugrah Tri Ramadhan
Editor : Haris Rizky

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: