RAKORNAS APTIKOM 2019 DISELENGGARAKAN, INDUSTRI 4.0 MENJADI BIDIKAN

RAKORNAS APTIKOM 2019 DISELENGGARAKAN, INDUSTRI 4.0 MENJADI BIDIKAN

SEMARANG – Bertempat di Patra Convention Center, Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Pendidikan Tinggi Informasi dan Komputer (RAKORNAS APTIKOM) 2019 mengangkat tema “Memperkuat Masyarakat Ekonomi Melalui Inovasi Industri Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0”. Dengan tema tersebut, APTIKOM bertekad untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang komputasi.

Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) didaulat sebagai tuan rumah untuk kegiatan yang diselenggarakan pada 24-27 Oktober ini. Kegiatan tersebut bertujuan mendiskusikan, merumuskan, menjalankan, serta mengevaluasi berbagai program yang hasil akhirnya adalah mengembangkan pendidikan tinggi berbasis komputer di seluruh Indonesia.

Ketua umum APTIKOM, Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D mengatakan bahwa revolusi industry telah memasuki babak baru, yaitu dari industri 3.0 ke 4.0. Dengan perubahan itu, maka kurikulum era industri 4.0 perlu dilakukan penyempurnaan. “Kita sudah menyempurnakan kurikulum berbasis kompetensi yang dipimpin oleh Prof. Edi,” tegas Prof. Zainal. Beliau juga menambahkan bahwa kurikulum tersebut akan diimplementasikan pada semua jenjang pendidikan tinggi yang memiliki program studi terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Selain membahas mengenai kurikulum, Prof. Zainal juga membahas komunikasi internasional yang terus ditingkatkan, karena melalui komunikasi internasional itulah APTIKOM ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak hanya menguasai ilmu komunikasi, tetapi juga menguasai teknologi. “Kita bertekad tidak hanya pandai menggunakan teknologinya, tetapi juga harus bias membuat teknologinya” ujar beliau. Di poin ketiga dan keempat dalam sambutannya, Prof. Zainal mengajak agar perguruan tinggi Indonesia untuk maju bersama-sama untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kegiatan RAKORNAS APTIKOM 2019 terdiri atas beberapa kegiatan. Antara lain, International Conference on Informatics and Computing (ICIC), RAKORNAS APTIKOM sebagai acara inti, dan Semarang City Tour sebagai penutup kegiatan. Penyanyi Yuni Shara telah dikonfirmasi mengisi acara penutupan RAKORNAS APTIKOM 2019.


Penulis : Lydia Desi Christina Wati
Editor : Mila Elmeida

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: