Kesetaraan Gender yang Masih Sering Diremehkan Masyarakat Awam

Kesetaraan Gender yang Masih Sering Diremehkan Masyarakat Awam

Sumber : Berbagai sumber

Kesetaraan gender menurut kamus KKBI adalah persamaan kondisi bagi perempuan dan laki laki untuk berperan dan ikut ambil andil dalam urusan politik, ekonomi, sosial budaya dan kebangsaan. Jadi, kesetaraan gender yaitu tidak adanya perbedaan mengenai perempuan dan laki laki dalam hal apapun seperti pelayanan atau suatu kesempatan yang seharusnya didapat oleh semua orang.

Seharusnya, perbedaan gender yang terjadi di masyarakat tidak menimbulkan masalah seperti ini, karena pada dasarnya semua manusia setara, setiap manusia dapat menggunakan hak-hak yang ditujukan untuk mereka, entah untuk kepentingan pribadi atau berbangsa dan bernegara. Banyak dari anggota masyarakat sendiri yang masih saling merendahkan mengenai kesetaraan gender ini karena mereka tak paham pasti apa itu kesetaraan gender.

Perempuan adalah sumber daya manusia yang memiliki sama artinya dengan kaum lelaki, perempuan juga bisa memanfaatkan sumber yang ada dengan baik jika mereka pun mendapatkan perlakuan yang sama, tak seharusnya membedakan dan men-judge atau memperlakukan perempuan sebelah mata. Memperjuangkan hak-hak perempuan bukan berarti kita merendahhkan atau hendak menggantikan posisi laki laki akan tetapi menyamakan derajat antara lelaki dan perempuan, memperjuangkan hak-hak yang seharusnya milik perempuan dan mencapai keinginan kita tanpa harus mendapatkan banyak kecaman.

Kesetaraan gender juga bukan melulu tentang perempuan yang memperjuangkan haknya, akan tetapi ada juga lelaki yang mungkin akan merasa direndahkan dengan adanya pernyataan bahwa banyaknya kalangan yang lebih mendukung pihak perempuan. Bukannya kenapa, akan tetapi terkadang lelaki terlalu direndahkan dengan adanya pernyataan itu.

Sebenarnya kesetaraan gender sendiri tentang hak dalam memilih semua pilihan yang ada, perempuan yang memilih bekerja atau lelaki yang memilih untuk mengurus rumah tangga, hal itu tak ada salahnya jika kedua belah pihak memang tak bermasalah dengan hal itu. Semuanya hanya berinti pada pilihan itu sendiri.

Namun, terkadang ada beberapa halangan dari adanya kesetaraan gender yaitu pola pikir dari masyarakat Indonesia yang masih beranggapan bahwa lelaki lah yang seharusnya bekerja dan mencari nafkah. Maka dari itu, kita harus mulai mengubah cara pandang dan cara berpikir untuk bisa menghargai satu sama lain.

Penulis : Anisa Cardina Kamilia Aziz

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Sumber : Berbagai sumber

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: