UKM KSRP Udinus Bersama PMI Ajak Mahasiswa Untuk Berani Donor Darah

UKM KSRP Udinus Bersama PMI Ajak Mahasiswa Untuk Berani Donor Darah

Hari Kamis, 21 Desember 2023 Korp Suka Rela (KSRP) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengadakan kegiatan donor darah secara gratis dan terbuka untuk siapa saja yang berada di lingkungan kampus. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna D.1 dan Gedung G.1. Acara donor darah kali ini mengusung tema “Be Brave to Share Our Blood” yang memiliki makna mengajak para mahasiswa untuk berani mendonorkan darahnya sebab hal tersebut dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan donor darah rutin diadakan setiap 3 bulan sekali, dimana waktu tersebut merupakan ketentuan ideal untuk bisa mendonorkan darah lagi dari waktu sebelumnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anindita Tri Kusumadewi selaku Ketua Pelaksana.

Terdapat beberapa persiapan yang dilakukan oleh pihak KSRP agar kegiatan donor darah ini berlangsung dengan baik.

“Untuk persiapannya mulai dari MMT, xbanner, kita juga bikin poster dan brosur, lalu feeds di Instagram juga, dan promosi lainnya terutama ke dosen, BIUM, dan pihak Tata Usaha. Lalu peminjaman gedung untuk tahun ini, alhamdulillah kegiatan bisa dilaksanakan di 2 tempat.” jelas Tama, sebagai panitia kegiatan donor darah kali ini. 

Sejak pagi sudah terlihat beberapa pendonor yang datang mendaftar, bukan hanya dari kalangan mahasiswa, terlihat dosen dan staff juga ikut berpartisipasi menjadi pendonor.  

“Dari pihak PMI memberi kuota untuk donor kali ini 50 kantong darah di setiap tempat, jadi total ada 100 target kantong darah” jelas Anindita Tri Kusumadewi.

Saat diwawancarai siang tadi, Via yang merupakan mahasiswa menyampaikan kesannya setelah selesai mendonorkan darah.

“Tadi awalnya diajak teman ke acara donor darah ini, terus aku belum pernah sama sekali jadinya pengen nyoba gimana rasanya. Kesannya seru sih kayak hal baru, terus juga dapat makanan. Karena baru pertama kali, ya cuma kerasa pegel karena habis kena jarum tapi udah si nggak sakit juga” ungkapnya.

Setelah kegiatan selesai dilaksanakan, pihak KSRP mengonfirmasi bahwa hari ini berhasil mendapatkan total 54 kantong darah. Hal ini juga dipengaruhi pada kondisi calon pendonor yang tidak semua berhasil lolos tahap pemeriksaan, karena terdapat beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk mendonorkan darah. Seperti ketentuan yang ada untuk wanita perlu memenuhi standar hemoglobin 12,5 dan pria 13.

Donor darah sendiri memiliki banyak manfaat, bagi diri pendonor diantaranya dapat menurunkan resiko penyakit jantung, membantu sirkulasi darah, bahkan untuk kesehatan psikologis, selain untuk kesehatan diri sendiri juga manfaat bagi orang lain  yang membutuhkan transfusi darah.

PMI merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang secara professional dan memenuhi standar untuk melakukan proses pengambilan darah, sehingga tidak perlu khawatir untuk memberi darah kita dengan melakukan donor darah secara rutin.

Penulis : Cantika Caramina Gusma & Dinda Nabila Setiana

Sumber Gambar : Iman Agung Rejeki

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: