Dosen Udinus Kolaborasi dengan Wartadinus Gelar Workshop Jurnalistik, Ajak SMA Sedes Sapientiae Semarang Menyelami Dunia Pers

Dosen Udinus Kolaborasi dengan Wartadinus Gelar Workshop Jurnalistik, Ajak SMA Sedes Sapientiae Semarang Menyelami Dunia Pers

Di tengah keberagaman kegiatan pendidikan dan pengembangan diri, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bersama Wartadinus mengadakan workshop jurnalistik yang melibatkan siswa-siswa SMA Sedes Sapientiae. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 11 Desember 2023, di Meeting Room Gedung H Udinus Semarang.

Dosen dari Udinus, Swita Amalia Hapsari, S.Ikom., M.Ikom. berkolaborasi dengan tim Wartadinus menjadi inisiator dari workshop jurnalistik ini. Mereka memiliki tujuan besar, yaitu mengajak siswa-siswa SMA untuk menyelami dunia pers. Workshop ini tidak hanya menyajikan wacana jurnalistik secara teoritis, tetapi juga memberikan pengalaman praktis kepada peserta. Kolaborasi ini juga melibatkan tim Wartadinus, membawa suasana yang kaya akan pengalaman langsung dari praktisi jurnalistik.

Tujuan utama workshop ini adalah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi siswa SMA dan memberikan pemahaman yang lebih dalam bidang jurnalistik. Acara dibuka dengan pemateri pertama, Swita Amalia Hapsari, S.Ikom., M.Ikom., yang memberikan pemaparan mendalam tentang dunia jurnalistik. Selanjutnya, Ketua Umum Pers Kampus Wartadinus, Muhammad Ammar Shafardan, memberikan pemaparan bulletin untuk memberikan gambaran lebih lanjut tentang dunia pers kampus.

Kegiatan dilanjutkan oleh pembicara ketiga yaitu Ika Safira Syaharani. Adapun materi yang dibawakan tentang mengenal ragam jenis artikel jurnalistik. Lalu pada kesempatan ini, para siswa diajak untuk memahami langkah-langkah penulisan yang sesuai.

Terpisah dari sesi wawancara, guru Bahasa Inggris SMA Sedes sekaligus pendamping, Dheny Budiono berharap bahwa kedepannya ada hubungan baik yang terjalin, baik dari Udinus maupun dari SMA Sedes.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan siswa-siswa tidak hanya mendapatkan wawasan tentang jurnalistik tetapi juga merasa termotivasi untuk menggali lebih dalam potensi mereka di bidang ini. Workshop jurnalistik menjadi salah satu langkah positif dalam membentuk pemahaman siswa terhadap pentingnya pers  memahami dan menyuarakan isu-isu di masyarakat.

Harapannya semoga jurnalistik, maupun tulis menulis di SMA Sedes bisa berkembang lagi, karena generasi saat ini susah didorong untuk tulis menulis,” tutupnya.

Penulis: Ivanaya Sheina Pratiwi

Sumber Foto: Dokumentasi Wartadinus

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: