Inovasi Alat Sortir Ikan Bandeng oleh Tim PPKO Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi UDINUS

Melalui Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO), tim dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi meresmikan alat untuk menyortir ikan bandeng sesuai dengan ukuran dan berat. Peresmian ini dilangsungkan di Balai Kelurahan Krobokan Semarang pada hari Jumat, 29 September 2023.

Proses pengembangan dan perancangan alat konveyor dilakukan untuk memudahkan para warga untuk mengatasi masalah yang selama ini dialami yaitu kesulitan dalam pengklasifikasian ukuran ikan bandeng. Selama ini, warga sentra ikan bandeng Krobokan masih melakukan penyortiran kuantitas ukuran secara manual sehingga hasilnya kurang akurat. Oleh karena itu, tim PPKO HM Sistem Informasi membuat alat untuk mengklasifikasikan kuantitas ukuran ikan bandeng sehingga lebih akurat dan efisien. Alat konveyor ini telah dirancang dan dilengkapi dengan sensor ukuran dan sensor berat yang kemudian diklasifikasikan menjadi tiga ukuran yaitu kecil, sedang dan besar.

Soft launching dan juga peresmian alat konveyor dihadiri oleh Ketua Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT, Dr. Aris Marjuni, S.Si., M.Kom., selaku Kaprodi Sistem Informasi,  Lurah Krobokan, Lembaga Pemberdaya Masyarakat Kelurahan (PMK) Krobokan dan juga Warga Krobogan yang ikut memeriahkan peresmian kegiatan ini.

Dr. Rindra Yusianto S.Kom, MT, Ketua Biro Kemahasiswaan Udinus menanggapi bahwa sangat mengapresiasi dan memberikan pengahargaan kepada program-program yang dilaksanakan oleh tim-tim Ormawa Udinus sebagai ajang untuk menunjukkan bahwa udinus ada untuk masyarakat. “Teman-teman organisasi tidak hanya jago kandang, yang diperlukan mereka bisa terjun ke masyarakat, mereka bisa diterima masyarakat, mereka bisa berelaborasi dan berkolaborasi menghasilkan sesuatu yang berguna,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana PPKO HM SI, Satrio Bisma Bramantyo turut mengungkapkan harapannya terhadap terlaksananya PPKO “Dengan adanya kegiatan PPK Ormawa, pengusaha-pengusaha bandeng yang ada di Kelurahan Krobokan bisa meningkat secara finansial”.

Penulis: Mistlu Ladiyana Fidela Latifa

Foto: Mistlu Ladiyana Fidela Latifa

Editor: Yiyis Juni S

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: