Hari Kedua PJD, Anggota Baru Terjun Langsung Lakukan Liputan di Taman Wisata Kopeng

Hari Kedua PJD, Anggota Baru Terjun Langsung Lakukan Liputan di Taman Wisata Kopeng

Hari kedua Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) pada Jumat, 14 Oktober 2022 peserta melakukan beragam kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Dimulai pagi hari seluruh peserta melakukan senam bersama dan bermain games seru seperti estafet kelereng, estafet tepung, dan terakhir estafet sarung. Disamping sebagai refresh otak kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antar anggota kelompok.

Setelah sebelumnya mengikuti rangkaian materi dari tiap divisi baik fotografi, penulis, videografi, dan desain, agenda inti di hari kedua ini yaitu liputan. Seluruh peserta diminta untuk melakukan liputan ke lokasi yang telah ditetapkan oleh panita untuk masing-masing kelompok. Total ada 4 lokasi yaitu Pasar Buah dan Sayur TWK, Kios Bunga Aneka Sari, Pasar Bunga, dan Area Parkir Wisata Kopeng.

Kegiatan liputan ini sebagai bentuk implementasi dari materi yang telah diberikan sehingga mereka bisa praktek langsung di lapangan. Selama liputan mereka mewawancarai langsung pedagang dan pembeli untuk memperoleh informasi. Para peserta terlihat antusias selama proses liputan.

Menurut Nabila salah satu peserta PJD 2022/2023 kegiatan liputan ini adalah kegiatan yang dinantikan selama PJD berlangsung.

“Kegiatan hari kedua makrab seru banget soalnya saat itu first time liputan mulai dari ke TKP buat cari informasi, wawancarain narasumber, habis itu kita mengolah informasi yang udah di dapet buat jadi artikel, majalah digital dan video liputan. Liputan ini emang yang dinanti-nanti sih selama ini, jadi waktu ngejalaninnya kerasa exicted gitu,” ungkapnya.

Setelah melakukan liputan para peserta kemudian membuat karya dari informasi yang diperoleh selama proses liputan menjadi artikel digital dan video liputan yang mana dalam hal ini ada kerja sama dari tiap anggota dari divisi fotografi, videografi, desain, dan penulis. Karya tersebut kemudian dipresentasikan dan dinilai oleh juri panitia PJD dan hasilnya akan diumumkan saat apel pelantikan anggota baru. Para peserta berhasil membuat karya mereka dengan baik dan memukau juri.

“Semua karyanya bagus, masing-masing kelompok punya nilai plus dan minusnya. Tapi setidaknya mereka sudah paham bagaimana nanti mengemas hasil dari liputan yang sudah dilakukan. Karena nantinya mereka juga akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan liputan” ungkap Riska Marcela salah satu juri penilaian karya

Setelah semua kelompok selesai mempresentasikan karya mereka masing-masing, kegitan dilanjutkan dengan BBQ bersama sebagai menu makan malam. Hari kedua ini ditutup dengan keceriaan antar seluruh anggota Wartadinus 2022/2023 tak lupa peserta diminta untuk mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan di hari ketiga.

Penulis: Aninda Ratna Ghifarani

Sumber gambar: Dokumentasi Wartadinus

Editor: Maharani Sabila

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: