Antusias Wajah Baru Wartadinus 2022 dalam Pelaksanaan PJD 2022

Antusias Wajah Baru Wartadinus 2022 dalam Pelaksanaan PJD 2022

Pada hari Kamis, 13 Oktober 2022, Wartadinus melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Dasar periode 2022/2023 di Villa Cemara 2, Kopeng, Semarang.  Pelatihan Dasar Jurnalistik (PJD) ini dilaksanakan mulai dari tanggal 13-14 Oktober 2022. Selain itu, PJD periode ini akhirnya dilaksanakan secara offline setelah sekian lama ditiadakan sejak tahun 2019 dikarenakan adanya pandemi COVID-19.

PJD tahun ini mengusung tema ‘Get Solidarity With Chemistry in Journalism’ agar para peserta yang merupakan anggota baru Wartadinus dapat mempelajari pengetahuan dasar jurnalistik dengan mempererat solidaritas sesama anggota Wartadinus, baik anggota lama maupun anggota baru.

Menurut Sekar Hasna selaku pimpinan umum Wartadinus, terdapat perbedaan PJD periode ini dengan periode sebelumnya selain dilaksanakan secara online.

“Sebelumnya, PJD dilaksanakan secara online dan penugasan (oleh peserta PJD) per divisi dikerjakan perorangan. Kali ini, pengerjaan penugasan (oleh peserta PJD) dikerjakan secara kelompok,” tuturnya. (14/10/2022).

Kegiatan PJD 2022 pada hari pertama dibuka dengan apel pelepasan yang dipimpin oleh pembina, pimpinan umum, dan ketua pelaksana di lapangan basket Udinus. Setelahnya, kegiatan berlanjut menuju perjalanan ke Villa Cemara 2 dengan bus.

Setelah sampai di lokasi, diadakan apel pembukaan Pelaksanaan PJD 2022 dengan sambutan dari Sekar Hasna selaku pimpinan umum Wartadinus dan Muhammad Syahrul Ridwan selaku ketua kepada peserta.

Kegiatan pada hari itu dilanjut dengan penyampaian materi terkait fotografi oleh Regyna Margaretha yang merupakan dosen Udinus yang mengampu mata kuliah Komunikasi Pemasaran dan Produksi Audio Visual Iklan.

Kemudian penyampaian materi terkait videografi oleh Siswo Pranoto selaku pembicara yang merupakan dosen Udinus yang mengampu mata kuliah Audio Visual, Produksi Berita, dan Literasi Informasi.

Tak lupa, penyampaian materi terkait desain oleh Godham Eko Saputro sebagai pembicara yang merupakan dosen Udinus di program studi DKV yang mengajar mata kuliah Audio Visual, Produksi Berita. dan Literasi Informasi.

Terakhir, penyampaian materi seputar jurnalistik terkait penulisan oleh Agus Toto Widyatmoko yang saat ini berprofesi sebagai pemimpin redaksi Suara Merdeka dan dosen Udinus yang mengampu mata kuliah Jurnalistik.

Setelah penyampaian materi, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara seputar materi. Selanjutnya, diberikan buah tangan kepada pembicara sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih.

Pada pukul 22.00 WIB, dilaksanakan inagurasi dengan pementasan drama musikal oleh para peserta yang dibawakan oleh 4 kelompok yang menampilkan cerita tentang percintaan alias cara move on, cerita tentang pengembala biri-biri, cerita masa SMA, dan kisah Malin Kundang.

Pementasan drama musikal pada Inagurasi PJD 2022 (13/10/2022)
 (gambar: Dokumentasi Wartadinus)

PJD 2022 pada hari pertama ini terlaksana dengan baik meski ada kendala kecil. Namun, peserta maupun panitia mendapat pengalaman menyenangkan, ilmu yang bermanfaat dari pembicara, dan yang pasti mempererat solidaritas antar anggota Wartadinus periode 2022/2023.

Salah satu perserta PJD 2022, Ika Safira dari prodi Ilmu Komunikasi, divisi penulis, membagikan pengalaman keikutsertaan dalam kegiatan PJD 2022.

Excited banget, karena (PJD 2022) merupakan kegiatan pertama dari kampus yang aku ikuti. Juga, (selama mengikuti kegiatan ini) merasa terjaga karena para panitia terus mengawasi jalannya kegiatan PJD 2022. Pada PJD ini, aku mendapat insight baru tentang hal-hal dasar dan penting pada fotografi, desain, dan videografi,” ucap Ika (14/10/2022).

Sekar Hasna, selaku pimpinan umum sekaligus salah satu panitia PJD 2022 Wartadinus juga membagikan pengalamannya dalam keikutsertaannya dalam kegiatan PJD 2022.

“PJD 2022 keren banget, experience pertama makrab yang benar-benar santai. Dapat mengetahui watak para anggota (Wartadinus) melalui makrab kali ini,” ungkapnya.

Penulis: Mayang Luh Jinggan

Gambar: Wartadinus (Ilham & Al-Ghiffary)

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: