Jalan Sehat; Kegiatan Wajib yang Dimeriahkan Menjelang Perayaan Kemerdekaan Indonesia

Jalan Sehat; Kegiatan Wajib yang Dimeriahkan Menjelang Perayaan Kemerdekaan Indonesia

Jalan sehat atau bisa disebut juga jalan santai merupakan olahraga ringan yang menjadi media untuk berkumpul dan membangun komunikasi antar masyarakat khususnya dalam bertetangga.  Jalan sehat menjadi suatu kegiatan yang dianggap wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya saat akan menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Hal ini merupakan salah satu cara membangun kebersamaan khususnya untuk individu yang biasanya sibuk dengan urusan masing-masing.

Perayaan HUT RI ke-77 merupakan perayaan yang sangat dinantikan karena selama 2 tahun ini kegiatan kebersamaan atau berkumpul-kumpul ditiadakan akibat adanya bencana pandemi virus Covid-19. Dengan meredanya virus ini, masyarakat antusias merayakan HUT RI ke-77 dengan berbagai macam kegiatan seperti jalan sehat ini. Jalan sehat menjadi momentum bagi warga untuk beraktifitas dilingkungan tempat ia tinggal untuk menumbuhkan solidaritas antar warga.

Antusiasme warga dalam melaksanakan jalan sehat di Kelurahan Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan, Minggu (7/8/2022). (Foto: Rosmanita Kusuma Ningrum)

Potret di atas merupakan jalan sehat yang dilakukan warga Jl. Manggis IV, RT. 03/RW. 03, Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang. Wajah-wajah bahagia terlihat jelas diraut muka mereka. Selama 2 tahun ini kegiatan menjelang hari kemerdekaan vakum atau tidak terlaksana guna memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Jalan sehat tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (7/8/2022) pukul 06.30-10.00, start dimulai dari pos Manggis IV – Jalan Cempedak – Jalan Kanal – Jalan Sompok (SMPN 37 Semarang) – Kecamatan Semarang Selatan – kembali ke Jalan Manggis IV.

Nampaknya, jalan sehat tersebut diikuti secara antusias oleh warga segala kalangan dari anak kecil, pemuda, hingga lansia. Penggunaan baju merah dalam jalan sehat ini sesuai dengan tema merah putih yang ditentukan dalam pelaksanaan jalan sehat yang melambangkan bendera Indonesia. Hal tersebut dilakukan supaya warga dan masyarakat lebih memiliki rasa cinta tanah air dan akan seterusnya menjunjung tanah air ini dengan rasa persatuan dan kesatuan.

Setelah jalan sehat, agenda yang dilakukan adalah senam bersama. Dimana senam tersebut dipandu oleh warga Manggis IV yang berprofesi sebagai instruktur senam. Senam diikuti seluruh warga dengan antusias dan gembira. Lagu yang diputar pada senam merupakan lagu-lagu yang sedang trend atau viral di media sosial. Jadi, warga tidak akan bosan dan lebih semangat saat pelaksanaan senam.

Hal yang tak boleh ditinggalkan pada jalan sehat yakni pengadaan doorprize, dimana jika tidak ada doorprize, kemeriahan dan keseruan jalan sehat kurang terasa. Apalagi jika ada hadiah utama yang akan membuat warga lebih antusias saat mengikuti jalan sehat.

Keceriaan warga memenangkan doorprize. (Foto: Rosmanita Kusuma Ningrum)

Banyaknya doorprize tersedia, membuat semua peserta jalan sehat mendapatkan hadiah, bahkan terdapat doorprize yang masih belum bertuan. Rencananya, doorprize tersebut akan dibagikan saat malam tirakatan atau malam hari kemerdekaan yang biasa dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus malam.

Penulis: Rosmanita Kusuma Ningrum

Editor: Mayang Luh Jinggan

Sumber Gambar: Rosmanita Kusuma Ningrum

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: