DARI SOKOLA RIMBA MENJADIKANNYA BARBIE’S GLOBAL ROLE MODELS 2022

DARI SOKOLA RIMBA MENJADIKANNYA BARBIE’S GLOBAL ROLE MODELS 2022

Barbie merilis replika boneka perempuan inspiratif dari berbagai bidang dalam memperingati perayaan International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia yang dilaksanakan tanggal 8 Maret 2022 mendatang.

Ada salah satu wajah orang Indonesia dari 12 replika yang ada. Ia adalah Butet Manurung. Seorang aktivis, arkeolog dan pendiri Sokola Institute. Perempuan bernama lengkap Saur Marlina Manurung menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia dalam program Barbie inspiratif yang dicanangkan oleh Mattel, perusahaan yang memproduksi boneka Barbie.

Sumber instagram @butet_manurung

Sekilas mengenai Butet, ia adalah perempuan lulusan Universitas Padjajaran yang merintis pendidikan bagi masyarakat adat di Indonesia. Butet mengembangkan program pendidikan bagi masyarakat pedalaman hutan di Jambi. Ia kemudian mendirikan Sokola Rimba pada 2003 yang merupakan sekolah untuk masyarakat adat dan suku terpencil di Indonesia. 

Atas pengalamannya mengajar untuk orang rimba, ia membagikan kisahnya melalui buku yang sekaligus sudah diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama “Sokola Rimba”. Film yang diproduseri oleh Mira Lesmana dengan sutradara Riri Riza ini juga telah memenangkan berbagai penghargaan Internasional.

Aksi sosial pada bidang pendidikan inilah yang menjadikan perusahaan Barbie memilihnya menjadi replika boneka sebagai perempuan inspiratif. Perusahaan Barbie mendedikasikan membantu kepercayaan diri dan memperkuat potensi tak terbatas bagi anak-anak perempuan di seluruh dunia. 

Butet Manurung merasa bangga bisa terpilih dan mewakili Indonesia.

“Saya merasa rendah hati karena terpilih menjadi satu dari 12 Barbie’s Global Role Models untuk mewakili multikulturalisme Indonesia,” tulis Butet dalam keterangan foto di Instagram.

“Harapan saya untuk semua gadis muda adalah untuk percaya pada diri mereka sendiri, bahwa Anda bisa menjadi apa pun yang Anda impikan, apa pun. Mengutip Paulo Cuelho, ‘Ketika kamu menginginkan sesuatu, dunia akan berkonspirasi membantumu mendapatkannya’,” lanjutnya.

Model boneka Barbie Butet Manurung terlihat memiliki busana spesial yaitu mengenakan atasan dan bawahan kain batik. Lengkap dengan kulit sawo matang, dan rambut yang disanggul khas perempuan Indonesia. Selain itu Barbie Butet Manurung mengenakan kalung kayu khas masyarakat adat Indonesia, yang menandakan betapa perhatiannya Butet pada suku terpencil di Indonesia.

Sumber: Kumparan dan suara.com

Penulis: Maharani Sabila

Editor : Vashti Bidadari

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: