Timnas Indonesia Memilih Mundur dari Piala AFF U-23

Jelang keberangkatan menuju Kamboja untuk mengikuti turnamen piala AFF U-23 pada 14-26 Februari 2022 Tim U-23 melakukan tes PCR pada 10 Februari 2022. Hasilnya 7 pemain dan 1 official dinyatakan positif Covid-19. Hal itu menjadi alasan terbesar pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong melarang tim U-23 mengikuti turnamen.

Sejumlah pemain yang terpapar Covid tersebut tidak merasakan gejala apapun sampai hasil tes keluar. Hal ini tentu saja sangat disayangkan karena Indonesia gagal mempertahankan gelar juara bertahan pada piala AFF mengingat pada pertandingan sebelumnya Indonesia bermain dengan sangat prima. Tetapi kesehatan para pemain adalah hal yang utama.

7 pemain yang terpapar yaitu Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Cahya Supriadi, Braif Fatari, dan Achmad Figo. Ditambah lagi 4 pemain menunggu masa inkubasi karena melakukan kontak langsung yaitu Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu, dan Marselino Ferdinan belum lagi terdapat pemain yang mengalami cedera. Hal ini semakin memperkuat Shin Tae Yong, hingga akhirnya mengirim surat kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan tim U-23 dalam turnamen.

PSSI merespon langsung surat tersebut dengan berdiskusi kepada pihak yang terlibat yaitu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong, yang memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia pada U-23 Championship.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

“Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena COVID-19 dan yang mengalami cedera,” lanjutnya.

Adanya keputusan ini tentunya membuat kecewa para pemain dan suporter. Meskipun begitu apabila kesehatan para pemain segera pulih masih banyak kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam liga mendatang di tahun ini seperti SEA Games Vietnam, Asian Games Hangzhou, dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Penulis: Aninda Ratna Ghifarani

Editor: Riska Marcela

Sumber berita: Berbagai Sumber

Sumber foto: Pinterest

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: