INDONESIA GAGAL MERAIH PIALA AFF, PRATAMA ARHAN JADI PEMAIN TERBAIK

Kejuaraan Piala AFF Suzuki Cup 2020 telah diselenggarakan di National Stadium Singapore, Kallang, Singapura. Piala AFF 2020 telah berlangsung sejak tanggal 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 dengan 10 tim dari 10 negara partisipan. Tim Nasional Indonesia berhasil lolos ke babak final Kejuaraan Piala AFF 2020. Saat babak final tersebut Tim Nasional Indonesia melawan Tim Nasional Thailand dalam 2 laga.

Pada leg pertama Indonesia gagal mencetak skor, berbanding terbalik dengan Thailand yang berhasil mencetak 4 skor. Tidak putus harapan, pendukung Tim Indonesia masih berharap penuh kepada pasukan Garuda untuk menjadi juara 1. Pada babak pertama pertandingan Leg 2 (1/1/2022) masyarakat Indonesia dibuat senang dengan gol yang dicetak oleh Ricky Kambuaya. Setelah skor yang dihasilkan oleh Kambuaya, performa Timnas Indonesia semakin menggelora. Bahkan Timnas Indonesia menjadi lebih dominan dalam menguasai bola hingga berhasil ungggul 1-0 dengan Thailand dalam babak pertama.

Pertandingan Leg 2 belum selesai, dalam babak kedua Thailand menambahkan tiga pemain baru. Dalam babak kedua Tim Nasional Thailand berhasil mencetak skor dengan tendangan dari Adisak Kraisorn. Tidak ingin hanya mencapai skor 1-1, Thailand terus mengungguli pertandingan Leg 2 dengan kembali mencetak gol pada menit ke-56. Tendangan skor kedua dari Thailand dicetak oleh pemain dengan nomor punggung 6, Sarach Yooyen.

Kenyataan berbanding terbalik dengan ekspektasi, harapan masyarakat Indonesia mulai luntur  saat mengetahui Thailand unggul dengan 1 skor. Pertandingan Leg 2 babak kedua berjalan sangat sengit dengan performa luar biasa dari kedua tim. Tidak ingin kalah dari Thailand, skuad Garuda tetap berjuang untuk kembali mencetak skor. Hingga pada akhirnya Egy Maulana Vikri berhasil mencetak gol pada skor menit ke-80 dan skor menjadi imbang 2-2.

Dalam babak final pertandingan Leg 1 Indonesia kalah 0-4 dengan Thailand sedangkan dalam pertandingan Leg 2 Indonesia dan Thailand imbang dengan skor 2-2. Hal ini menyimpulkan bahwa Tim Nasional Indonesia belum berhasil untuk berdiri dalam podium untuk posisi pertama di pertandingan Piala AFF 2020. Dengan terpaksa pada tahun ini Indonesia menjadi runner up pada kejuaraan Piala AFF Suzuki 2020. Meskipun sebagai runner up, bukan berarti Indonesia tidak sepenuhnya kalah, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah uang tunai sebanyak USD100.000 atau setara dengan Rp1,43 miliar serta bonus-bonus apresiasi oleh beberapa pihak.

Salah satu pemain Timnas Indonesia yang merupakan pemain termuda sekaligus mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro, Pratama Arhan berhasil menjadi pemain muda terbaik dalam Piala AFF tahun ini. Melalui voting suporter, Pratama Arhan berhasil mendapatkan penghargaan dari GOAL NXGN Award dalam kategori Pemain Muda Terbaik. Pratama Arhan berada dalam posisi bek kiri pada susunan pemain Tim Nasional Indonesia. Meskipun sempat absen dari pertandingan final Leg pertama, Pratama Arhan yang sekaligus pemain PSIS Semarang tersebut berhasil meraih 60.122 suara dalam voting suporter.

Penulis : Sabrina Putri Yuliana

Editor: Riska Marcela

Sumber berita : Dari berbagai portal berita

Sumber foto : instagram.com/pssi

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: