5 FAKTA MENARIK TENTANG VAKSIN COVID-19

5 FAKTA MENARIK TENTANG VAKSIN COVID-19

Dengan semakin banyaknya kasus terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia, organisasi kesehatan dunia, World Health Organization(WHO) menganjurkan untuk seluruh masyarakat dunia agar dapat melakukan vaksinasi, karena vaksin secara sains terbukti dapat meminimalisir dampak dari virus mematikan ini. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang vaksin yang jarang diketahui masyarakat :

1. Vaksin Covid-19 Halal dan Aman

Pada saat vaksin datang ke Indonesia untuk pertama kali banyak yang mempertanyakan tentang kehalalan vaksin tersebut. Maka sebelum dilakukan vaksinasi kepada maksyarakat, pemerintah lebih dahulu melakukan penelitian untuk menguji apakah vaksin yang mereka dapat ini halal dan aman atau tidak. Setelah dilakukan penelitian akhirnya vaksin dapat dilabeli BPOM (Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Covid-19 ini halal dan dapat digunakan.

2. Vaksin di Indonesia Terbanyak Pada Urutan Keempat

Pemerintah Indonesia sendiri membuat target sasaran vaksin sebanyak 181.554.465 orang. Karena jumlah inilah Indonesia menduduki peringkat keempat dengan negara terbanyak memberikan vaksin diluar dari negara yang menghasilkan vaksin Covid-19.

3. Vaksinasi Berbeda dari Imunisasi

Kalau imunisasi adalah proses tubuh untuk mencapai kekebalan terhadap suatu virus atau penyakit,sedangkan vaksin adalah proses pemberian suntikan atau tetesan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan antibodi agar dapat menangkal suatu virus.

4. Vaksin Dapat Membentuk Herd Immunity

Setiap orang yang sudah mendapatkan vaksin akan mencapai Herd Immunity minimal 70%. Yang dimana jika semakin banyak orang yang sudah mendapatkan vaksin lalu kekebalannya sudah mencapai 70% akan semakin cepat pula Indonesia terbebas dari wabah virus Covid-19 ini.

5. Dengan vaksin bukan berarti masalah selesai

Walaupun sudah mendapatkan vaksin pertama dan kedua, tidak menjadikan masyarakat bisa lalai dalam penggunaan masker dan harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Karena dengan menaati protokol kesehatan, itu juga bisa membantu mencegah penularan virus Covid-19.

Sumber : https://kemenparekraf.go.id

Penulis  : Nagita Kusuma Ramadhani

Korektor : Anugrah Tri Ramadhan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: