5 MAKANAN KHAS RAMADHAN

5 MAKANAN KHAS RAMADHAN

Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan memiliki kesan tersendiri di setiap tahunnya. Selain karena suasananya, makanan yang hanya ada di bulan suci ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Suasana menunggu adzan maghrib untuk berbuka atau yang biasa disebut dengan Ngabuburit adalah hal yang sangat dinantikan pada saat bulan Ramadhan, kita dapat mengisinya dengan menonton acara favorit di televisi maupun di handphone, atau menghabiskan waktu untuk menunggu berbuka puasa dengan tadarus Qur’an, hingga menghabiskan waktu dengan berburu takjil yang dijual di pasar Ramadhan.

Ada beberapa hal yang membuat bulan Ramadhan lebih menarik daripada bulan-bulan biasanya, yaitu makanan-makanan yang hanya ada di bulan suci ini. Makanan apa saja ya? simak ulasan di bawah ini yuk.

Makanan yang ada di bulan Ramadhan

  1. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor merupakan makanan atau jajanan khas Masyarakat Gresik yang hanya dapat kita jumpai pada saat bulan Ramadhan saja guna dijadikan takjil atau makanan berbuka puasa. Makanan atau jajanan ini terbuat dari campuran tepung terigu, roti tawar, serutan kelapa muda, santan, pisang, dan nangka yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

2. Kolak Pisang

Kolak pisang memiliki rasa yang manis dan dapat melepas rasa dahaga serta lapar karena telah berpuasa seharian penuh. Sehingga, makanan satu ini dapat dijadikan sebagai takjil. Kolak pisang juga dapat kita jumpai di pasar Ramadhan dengan harga yang terjangkau. Selain karena harganya yang terjangkau, rasa manis dari pisang dan kuah santannya juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak diburu oleh banyak orang.

3. Es Timun Suri

Es Timun Suri adalah salah satu minuman khas Ramadhan yang banyak diburu oleh banyak orang, karena buah timun suri ini jarang ditemui di bulan-bulan lainnya. Para petani timun suri biasanya mulai menanamnya saat mendekati Ramadhan, hal ini semacam permintaan tahunan, bahwa timun suri hanya ditanam saat sudah mendekati bulan suci. Minuman ini biasanya disajikan dengan mencampurkan sirup dan cocopandan. Di beberapa daerah, membuat es timun suri juga bisa dilakukan dengan mencampurkan gula aren atau susu kental manis.

4. Kolak atau Bubur Pacar Cina

Makanan lain yang hanya dapat kita temukan pada saat bulan puasa adalah Pacar Cina, biasanya Pacar Cina diolah menjadi bubur atau kolak yang dicampurkan dengan santan. Pacar Cina ini sangat jarang ditemui jika tidak di bulan Ramadhan, bahkan hampir tidak ada yang jual. Maka dari itu, makanan ini sangat dinantikan saat bulan suci Ramadhan tiba.

5. Kicak

Bagi warga Yogyakarta, salah satu menu khas Ramadhan yang selalu dinantikan adalah kicak. Kudapan yang hanya dijual saat Ramadan ini, terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan gula, parutan kelapa, santan, daun pandan, serta potongan buah nangka sebagai pelengkap. Rasanya yang manis dan gurih tentu sangat pas untuk kamu nikmati ketika berbuka.

Penulis: Meimanah

Editor: Indah Suryaningsih

Gambar: Pinterest, tokopedia.com

Sumber artikel: Traveloka

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: