KILAS BALIK 1 TAHUN VIRUS COVID-19 DI INDONESIA

KILAS BALIK 1 TAHUN VIRUS COVID-19 DI INDONESIA

Selasa 2/3/2021 hari ini adalah tepat satu tahun presiden RI menyatakan bahwa ada warga Indonesia yang terpapar virus Covid-19 untuk pertama kalinya.

Presiden RI Joko Widodo melaporkan bahwa kasus Covid-19 pertama di Indonesia menyerang 2 warga yang diduga tertular karena usai melakukan kontak fisik dengan WN Jepang yang sempat berkunjung ke Indonesia.
“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” ujar Jokowi. (2/3/2020)

Semenjak pengumuman adanya WNI yang terpapar virus Covid-19, situasi negara pun mulai diperketat mengenai protokol kesehatan. Selain membuat aturan mengenai protokol kesehatan beberapa kebijakanpun dibuat guna untuk mengurangi angka kasus positif Covid-19 di Indonesia.

“Kilas Balik 1 Tahun virus Covid-19 di Indonesia”

Pandemi virus Covid-19 menimbulkan dampak yang cukup besar di berbagai aspek kehidupan. Mulai dari krisis kesehatan, ekonomi, kegiatan bekerja dan belajar mengajar menjadi terhambat, sekolah dan universitas ditutup diganti dengan belajar di rumah. Mobilitas keluar rumah dibatasi dan tidak sedikit pula berdampak pada tenaga medis yang ikut terpapar dan merenggut nyawanya.

Selain hal-hal krisis diberbagai bidang awal adanya pandemi di Indonesia juga terjadi sebuah fenomena Panic Buying terutama mengenai pembelian masker, handsanitizer dan beberapa alat kesehatan lainnya. Selain Panic Buying dari segi peralatan dan perlengkapan kesehatan Panic Buying juga terjadi dalam berbagai bahan–bahan pokok. Dimana pada awal pandemi banyak orang yang berbondong-bondong menimbun bahan pokokm untuk persediaan selama masa pandemi.

Setelah beberapa bulan dan terpantau grafik kenaikan pasien positif Covid-19 sangat tinggi, pemerintah indonesia pun memberlakukan penutupan total atau Lockdown. Kemudian setelah itu pemerintah indonesia memberlakukan PSBB di sejumlah daerah di Ibu Kota dan diikuti oleh pemerintah daerah.

Puncaknya, Indonesia mencapai 1 juta kasus corona pada 26 Januari 2021 dan masuk dalam jajaran 20 besar negara di dunia dengan jumlah kasus positif terbanyak.

Setelah satu tahun lamanya virus Covid-19 berada di Indonesia, pemerintah tetap memberlakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan memberlakukan PSBB kembali sampai pada sekarang PSSB yang berubah nama menjadi PPKM. PPKM ini tidak seketat PSBB pada awal pandemi, namun berbagai pembatasan tetap berlaku seperti pembatasan di tempat kerja dan sekolah serta pembatasan jam operasional beberapa pusat perbelanjaan atau pusat keramaian yang dapat memunculkan sebuah kerumunan.

Bertepatan dengan adanya PPKM ini pelaksanaan Vaksinasi pun dilakukan yang mulai diikuti oleh Presiden RI, Public Figur dan beberapa masyarakat juga yang sudah mendapatkan Vaksin untuk virus ini.

Doni Monardo seorang Letnan Jendral TNI mengatakan bahwa targetnya adalah pada tanggal 17 Agustus 2021 Indonesia akan bebas dari virus Covid-19 sebagai kado hari kemerdekaan Indonesia.

Penulis: Meimanah

Editor: Amrina Rosyada

Sumber Foto : Pixabay

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: