PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL:  TINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA GIZI OPTIMAL PADA ANAK

PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL: TINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA GIZI OPTIMAL PADA ANAK

Hari Gizi Nasional yang kita peringati setiap tanggal 25 Januari dibuat untuk peringatan pengkaderan tenaga Gizi Indonesia. Adanya peringatan hari gizi nasional ini,  juga berfungsi sebagai acuan tentang pentingnya pemberian gizi yang optimal untuk anak yang notabenya sebagai calon generasi penerus bangsa.

Anak-anak memang membutuhkan nutrisi yang cukup agar ia mampu tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu pemberian makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, zat besi serta nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang mereka.

Membahas mengenai makanan yang mampu memenuhi gizi seimbang, tentu yang ada di pikiran kita adalah makanan yang sehat dan segar, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dll. Tetapi banyak dari masyarakat masih belum sadar akan pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang untuk anak, apalagi di era milenial ini berbagai jenis makanan cepat saji justru menjadi makanan yang disukai dan dikonsumsi oleh banyak orang khusunya anak-anak.

Rasanya yang enak , jenisnya yang beragam dan bentuknya yang lucu mungkin menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Para orang tua juga cenderung lebih sering memberi anak-anak mereka makanan cepat saji, karena mereka dianggap lebih praktis dan anak mereka juga lebih menyukai makanan cepat saji. Memang benar biasanya anak-anak memang kurang menyukai makanan yang sehat terutama sayur, yang ada dipikiran mereka sayur adalah makanan yang hambar dan tidak menggugah selera.

Untuk mengatasi permasalahan ini sebagai orang tua kita harus mampu berpikir kreatif dan menemukan solusi  bagaimana caranya supaya anak bisa tetap mengonsumsi makanan yang sehat walaupun mereka tidak menyukainya. Sebagai orang tua kita juga harus sadar bahwa pemberian gizi yang optimal ini sangat penting karena akan mempengaruhi anak kita hingga dewasa nanti. Jika kita sudah berupaya memberikan gizi yang optimal untuk anak secara tidak langsung kita sudah membantu untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, sehingga dapat membantu memperbaiki dan membangun negara kita tercinta ini untuk bisa menjadi bangsa yang lebih baik lagi.

Penulis : Iva Rahma Nurfadilla

Editor: Amrina Rosyada

Sumber: pixabay.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: