HARI INI, JOKOWI RESMI SUNTIK VAKSIN SINOVAC

HARI INI, JOKOWI RESMI SUNTIK VAKSIN SINOVAC

Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin Sinovac buatan Perusahaan asal China. Penyuntikkan vaksin dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta oleh Tim Dokter Kepresidenan pada Rabu (13/11). Vaksinasi perdana Jokowi hari ini menandakan dibukanya program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Sebelum penyuntikkan, Jokowi melalui serangkaian tahap pengecekan kondisi kesehatan yang dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan. “Tekanan darah Saya diukur, normal. Lalu saya ditanya apakah pernah terkonfimasi positif Covid-19?, pernah batuk atau pilek beberapa hari terakhir? Pernah mengidap penyakit jantung? Atau penyakit lain seperti ginjal? Dan lain-lain, semuanya saya jawab tidak.” Tulis Jokowi di official Instagram miliknya @jokowi.

Pukul 09:42 vaksin asal China itu pun disuntikkan di lengan kiri Jokowi oleh Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Abdul Muthalib. Selain Jokowi, sejumlah Menteri, Nakes, Perwakilan Pedagang, Perwakilan Tokoh Agama juga menerima vaksin Sinovac, di antaranya adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, hingga Raffi Ahmad.

Rosan menceritakan pengalamannya usai disuntik vaksin, “Alhamdulillah, yang dirasakan enak, semangat, nyaman, enggak ada keluhan apa-apa Alhamdulillah,”. Ia pun menyampaikan bahwa penerima vaksin Covid-19 dari Sinovac tahap pertama akan kembali disuntik untuk yang kedua kali 14 hari setelahnya. (dilansir dari liputan6.com)

Dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi menyampaikan bahwa vaksinasi akan dilanjutkan di seluruh provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia. Kendati demikian, Jokowi mewanti-wanti, agar masyarakat tetap disiplin terhadap Protokol Kesehatan, “Ini tetap terus kita lakukan dengan mamakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan,” ungkap Jokowi.

Penulis: Indah Suryaningsih

Foto     : Official Instagram @jokowi

Editor: Amrina Rosyada

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: