5 FILM DAN DRAMA TRENDING SEPANJANG TAHUN 2020

5 FILM DAN DRAMA TRENDING SEPANJANG TAHUN 2020

Menginjak tahun 2021, jika mengulas kembali tahun 2020, merupakan tahun dimana waktu luang yang tersisa lebih banyak dari biasanya. Munculnya wabah Corona ini, membuat masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah tak terkecuali pekerja kantoran sekalipun.

Beberapa dari masyarakat, mereka mengisi waktu luangnya dengan menonton drama/film. Bahkan ada banyak stasiun televisi yang berlomba-lomba menayangkan drama/film keluarga sebagai hiburan saat pandemi ini.

Dari data Years on Search 2020 yang dirilis Google, berikut 5 Film dan Drama yang sempat trending di tahun 2020 :

  1. Tilik (2018)

Film ini paling banyak dibicarakan sepanjang 2020 dan memiliki jumlah likes di Google sebanyak 97%. Film pendek berbahasa Jawa ini, bercerita mengenai penyebaran informasi tidak akurat atau biasa disebut dengan hoax yang dilakukan oleh sekelompok ibu-ibu desa yang berniat menjenguk ibu Lurah ke rumah sakit. Bu Tejo menyebarkan gosip mengenai Dian, calon menantu Bu Lurah yang katanya, Dian perempuan tidak benar. Yu Ning, saudara Dian mengatakan itu hoax. Setibanya di rumah sakit, Dian melarang rombongan untuk tidak menjenguk Bu Lurah karena masih di ICU. Yu Ning selaku pelopor “tilik” justru tidak memiliki informasi yang lengkap terkait kondisi Bu Lurah saat itu. Dian yang digadang-gadang sebagai perempuan tidak benar, ternyata memang adanya, diperlihatkan pada scene dimana Dian masuk ke suatu mobil dan memanggil seseorang dengan sebutan “Mas”.

Film garapan Ravacana Film tersebut terinspirasi dari masyarakat Jogja yang memiliki budaya “tilik”. Seperti yang tadi disebutkan bahwa benang merah dari film ini adalah penyebaran hoax. Sang sutradara berharap masyarakat luas harus tetap skeptis terhadap berita hoax yang tersebar dimana-mana agar tidak berakibat fatal kedepannya.

2. Crash Landing on You (2019)

Berikutnya datang dari negeri ginseng alias Korea Selatan. Drama ini menjadi saksi bisu kisah cinta kedua pemeran utama di dunia nyata. Yap, kedua pemeran utama Sin YeJin dan HyunBin terkonfirmasi berpacaran pada tanggal 1 Januari 2021 lalu. Serial drama Crash Landing on You memiliki rating pribadi sebanyak 21,7% dan memiliki jumlah likes di Google sebanyak 97%. Drama yang tayang pada paruh kedua tahun 2019 hingga awal 2020 ini sukses membuat pemirsa jatuh hati pada sang tokoh utama.

Bercerita mengenai seorang pewaris perusahaan besar di Korea Selatan, Yoon Se-Ri (Sin Ye Jin) yang sedang berlibur di suatu bukit dan bermain paragliding. Kemudian ia mengudara seorang diri, angin topan kencang menghampirinya sehingga ia tersangkut di suatu pohon. Saat tak sadarkan diri, bertemulah ia dengan seorang tentara bernama Ri Jeong-Hyuk (Hyun Bin) yang sedang patroli di daerah itu. Tak disangka bahwa topan itu membawanya hingga ke Korea Utara. Insiden ini harus dirahasiakan karena menyangkut kedua negara yang berselisih, sehingga kapten Ri berusaha melindungi dan menyembunyikan Se-Ri, sampai pada akhirnya tumbuh cinta diantara mereka.

3. Milea : Suara dari Dilan (2020)

Film Milea : Suara dari Dilan merupakan sekuel dari film Dilan 1991 dan diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Pidi Baiq. Tentunya film ini masih mengisahkan kisah roman antara Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Berbeda dari film Dilan 1991, film Milea justru berfokus menceritakan dari sudut pandang Dilan.

Dilan adalah panglima tempur sebuah geng motor di Bandung pada awal tahun 90-an. Memiliki kekasih bernama Milea. Dilan selalu bahagia dengan Milea, namun teman-temannya merasa bahwa Dilan semakin menjauh dengan mereka akibat pengaruh dari Milea. Ada suatu peristiwa, teman geng motor Dilan meninggal akibat dikeroyok oleh sekelompok orang. Mendengar kejadian itu, Milea khawatir akan keselamatan Dilan. Dari kekhwatiran itu Milea membuat keputusan berpisah yang bertujuan agar Dilan keluar dari geng motor. Namun, alih-alih sebuah peringatan justru menjadi kenyataan. Perpisahan itu benar-benar terjadi. Saat reuni, mereka bertemu dan masih dengan perasaan yang sama namun pasangan yang berbeda.

Film ini memiliki jumlah likes di Google sebanyak 95%, apakah sudah kamu tonton?

4. The World of the Married (2020)

Kembali ke negeri ginseng. Drama ini tayang pada paruh pertama tahun 2020 dan memiliki rating pribadi sebesar 28,4%, sedangkan drama ini memiliki jumlah likes di Google sebanyak 94%.

Drama yang mengisahkan sebuah karir, keluarga, dan pernikahan dimana tokoh pria Lee Tae-Oh (Park Hae Joon) berselingkuh dari istrinya bernama Jin Sun-Woo (Kim Hee-Ae), dengan Yeo Da-Kyung (Han So-Hee) seorang gadis muda. Sun-Woo adalah seorang dokter keluarga, sedangkan suaminya bermimpi menjadi sutradara film terkenal. Ditengah-tengah karir Sun-Woo ternyata sang suami jutsru menjalin hubungan dengan wanita lain. Disisi lain, ternyata Sun-Woo merencanakan balas dendam terhadap suaminya. Tae-Oh dan Sun-Woo memiliki putra bernama Lee Joon Yeong (Jeon Jin Seo) dimana ia sebagai korban dari retaknya rumah tangga orang tuanya yang berujung perceraian.

Drama ini sempat 2x tayang di stasiun televisi Indonesia, apakah kamu menontonnya?

5. Mariposa (2020)

Sebuah film drama komedi romantis yang diadaptasi dari sebuah novel karya Hidayatul Fajriyah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang dengan judul yang sama ini disutradarai oleh Fajar Bustomi. Mariposa memiliki jumlah likes di Google sebanyak 97%.

Film ini bercerita mengenai remaja laki-laki bak kupu-kupu (Mariposa), apabila didekati maka ia akan menjauh. Itulah ungkapan Acha (Adhisty Zahra) kepada Iqbal (Angga Yunanda), si cowok pintar, tampan, dan dikenal berhati dingin. Acha bertekad untuk memenangkan hati Iqbal. Namun, Amanda (Dannia Salsabilla), sahabat Acha menentang keras dengan tekad Acha yang akan mendekati Iqbal, ia khawatir Acha hanya akan terluka akibat sikap dingin Iqbal. Namun menurut Acha, ia yakin kalaupun hati Iqbal sekeras batu, Acha adalah air yang menetesinya setiap waktu, hingga batu itu pecah dan menerima dirinya.

Setelah menyimak penjelasan 5 film dan drama yang sempat trending di tahun 2020, mana yang sudah kamu tonton? Atau bahkan baru ingin kamu tonton? Semoga kamu menikmati film dan drama tersebut, happy new year!

Penulis : Finna Qiemsa Zulfah N

Editor: Almira Felicia Anjar

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: