IKUT BERPARTISIPASI PADA HARI MENANAM POHON INDONESIA ALA LINDUNGIHUTAN

IKUT BERPARTISIPASI PADA HARI MENANAM POHON INDONESIA ALA LINDUNGIHUTAN

Dalam upaya penghijauan alam, Presiden Republik Indonesia menetapkan 28 Novermber sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia sejak 2008 silam. Dengan semakin banyaknya polusi akibat bertambahnya kendaraan bermotor dan uap limbah industri yang semakin membuat kualitas udara menurun. Indonesia sebagai negara yang sering disebut sebagai salah satu paru-paru dunia memang sudah seharusnya semakin memperhatikan kondisi alam.

Senada dengan yang diungkapkan oleh Intan Widianti Kartika Putri selaku Account Executive dari Perusahaan Lindungihutan melalui wawancara dengan reporter Rafi Syauqie Arjuna yang ikut memeriahkan Hari Menanam Pohon Indonesia dengan ikut menanam pohon mangrove di beberapa wilayah di Indonesia.

Pada Hari Menanam Pohon Indonesia ini Lindungihutan merencanakan akan melakukan penanaman mangrove di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya Bedono, Demak. “saya ingin menanam untuk Desa Bedono, Demak, selain berkontribusi untuk membuat sabuk hijau pesisir Bedono, saya juga ingin membantu Mak Jah, seorang petani bibit di Bedono yang kehilangan wilayah rumahnya akibat abrasi.” Ujar wanita yang akrab dengan panggilan Kartika.

Tanaman yang ditanam berjenis Mangrove Rhizophora sp, bukan tanpa alasan, mangrove dipilih karena memiliki banyak fungsi dan cocok untuk area pinggir laut, terutama di daerah Bedono. Pertama, mangrove bisa jadi pemecah gelombang air laut agar tidak sampai ke pemukiman warga. Kedua, akar mangrove bisa menjadi penyaring sampah dari wilayah perkotaan. Ketiga, mangrove bisa jadi penyerap jejak karbon limbah.

Untuk mengetahui agar pohon yang setelah ditanam bisa tetap bertahan, LindungiHutan melakukan pengecekan secara berkala tiap 3 bulan sekali. “Setelah selesai penanaman hingga 1 tahun kedepan akan ada update pertumbuhan pohon yang dimonitoring langsung setiap 3 bulan sekali, dan nantinya ketika ada pohon yang mati, dari pihak LindungiHutan juga akan membantu penyulaman agar wilayah yang sudah ditata ketika penanaman berlangsung tidak bolong dan pohon lainnya bisa tetap sustain.” tambah kartika.

Diharapkan dengan diperingatinya Hari Menanam Pohon Indonesia ini semakin menumbuhkan sikap kepedulian masyarakat terhadap alam, salah satunya seperti yang dengan menanam pohon pada lokasi yang rawan abrasi seperti yang dilakukan oleh LindungHutan.

Penulis: Anugrah Tri Ramadhan

Editor: Almira Felicia Anjar

Gambar: Twitter @LindungiHutan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: