TIPS BELAJAR NYAMAN SAAT MENGHADAPI UJIAN TENGAH SEMESTER DI RUMAH AJA

TIPS BELAJAR NYAMAN SAAT MENGHADAPI UJIAN TENGAH SEMESTER DI RUMAH AJA

Kegiatan WFH atau Work From Home telah dilaksanakan sejak 8 bulan yang lalu, kantor, sekolah, tempat wisata maupun tempat umum lainnya sudah ditutup untuk umum. Bicara mengenai WFH tentunya kegiatan belajar kini juga dilakukan secara online, semua pelajar dan mahasiswa diharuskan melakukan kegiatan belajar di rumah.

Namun tak semua pelajar merasa senang akibat kebijakan #BelajarDiRumahAja ini, karena banyak juga hambatan yang terjadi. Diantaranya seperti tidak memahami materi, bosan, terkendala jaringan internet dan masih banyak lagi keluhan lainnya.

Tips Efektif Belajar dari Rumah di Tengah Pandemi
Sumber: medcom.id

Nah untuk itu berikut ada beberapa tips belajar nyaman di rumah aja yang dikutip dari beberapa sumber :

  • Belajar di Tempat yang Nyaman

Ruang belajar yang nyaman juga menjadi salah satu kunci sukses berhasilnya pembelajaran, karena saat melakukan sesuatu di tempat yang menurut kita nyaman, maka hasil dalam kegiatan itu pun dapat terbentuk baik.

  • Atur Waktu Kegiatan Belajar

Tentukan dan atur jadwal kegiatan jam belajar setiap harinya, lalu buat daftar tugas yang harus dikerjakan. Tempelkan daftar di dekat meja belajar supaya efektif. Istirahat selama beberapa menit untuk penyegaran.

  • Kerjakan Latihan Soal

Dengan berlatih mengerjakan soal yang ada, merupakan salah satu uji pemahaman materi yang dikuasai. Otak akan secara otomatis mengingat apa yang sudah dikerjakan, jadi saat mengerjakan ujian tengah semester bisa dilakukan dengan mudah.

  • Sediakan Camilan

Bagi beberapa orang, camilan saat belajar adalah suatu hal yang sangat penting. Saat merasa lapar maka otak tidak akan bisa fokus pada pelajaran, oleh sebab itu menyediakan camilan saat belajar sangat dibutuhkan.

  • Mendengarkan Musik

Ketika sedang jenuh dengan materi pembelajaran, maka cara ini dianggap tepat. Yaitu dengan mendengarkan musik, kamu bisa jadi lebih bersemangat dan suasana hati pun membaik. Pilih musik yang lirik dan nadanya beraliran semangat, sehingga dapat meningkatkan mood baik saat belajar.

  • Buang Rasa Malas dan Pikiran Negatif

Takut dapat mendapat nilai buruk? Malas belajar? Tidak bisa mengerjakan soal? Untuk saat ini buang jauh-jauh pemikiran negatif seperti itu, karena itu hanya akan membuat kita semakin khawatir, tertekan dan stress yang akhirnya hanya akan menjadi penghambat.

  • Lakukan Penyegaran

Penyegaran atau refreshing sangat diperlukan, kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara mudah seperti lari pagi atau sore, bersepeda keliling lingkungan rumah, atau bermain ke taman. Jadi refreshing tidak perlu jauh-jauh, cukup lakukan disekitar rumah saja.

  • Berdoa

Hal terakhir dan yang paling penting adalah Berdoa, sebagai umat beragama tentunya kita tidak boleh lalai dalam berdoa. Saat semua hal diatas sudah dilakukan dan diusahakan, hal paling wajib dilakukan adalah berdoa. Karena kita dapat berencana dan berusaha namun, Tuhan yang dapat menentukan segala hasil yang akan dicapai.

Nah dalam belajar daring seperti ini, kenyamanan memang sangat diperlukan. Apalagi saat akan menghadapi ujian, bukan hanya fisik serta materi saja yang diperlukan, namun mental juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Jauhkan pikiran-pikiran negatif, karena itu hanya akan memperburuk suasana.

Penulis : Tasya Vania P

Editor : Almira Felicia A

Gambar : ibntimes.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: