HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL

HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional rutin di peringati setiap tahunnya. Peringatan ini didasarkan oleh Keppres No. 4 Tahun 1993 yang ditandatangani langsung oleh Presiden Indonesia saat itu yaitu Presiden Soeharto yang kemudian mulai ditetapkan pada tanggal 5 November. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap satwa nasional dan puspa agar selalu terlindungi.
Bahkan dalam Keppres no. 4 Tahun 1993 sudah ditetapkan tiga satwa nasional yang mewakili jenisnya, yaitu Komodo sebagai satwa darat, ikan siluk merah sebagai satwa air, dan elang jawa sebagai satwa udara. Kenyataannya pada Oktober lalu beredar foto viral seekor Komodo yang terlihat menghadang truk yang sedang melintas di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Organisasi Pencinta Lingkungan dalam salah satu laporannya yang berjudul WWF (World Wide Fund for Nature) menyebutkan bahwa masyarakat juga diharuskan untuk lebih peduli dengan lingkungan di sekitar dan mengajak masyarakat untuk memiliki kesadaran diri dalam melestarikan satwa yang ada. Di Indonesia sendiri perkembangan satwa dan puspa masih akan ada harapan untuk terus bertambah seiring berjalannya waktu jika kesadaran menjaga satwa dan puspa ditanamkan.
Cara untuk melakukan perlindungan terhadap flora fauna Indonesia salah satunya dapat dicanangkan sebagai suatu kebijakan atau program Pemerintah yang turut membutuhkan masyarakat dalam pelaksanaannya, sehingga kesadaran masyarakat bisa mulai terbentuk.
Peringatan ini dibuat untuk membuat kita supaya lebih sadar akan satwa yang ada di negeri kita. Negeri ini kaya akan alamnya, banyak macam satwa yang tumbuh dan berkembang di Indonesia namun tidak dijaga dengan baik yang berujung pada kepunahan. Apalagi hewan-hewan purba yang sudah mulai menghilang seiring berjalannya zaman. Jika tidak ada yang peduli dengan keberadaan satwa, tidak dapat dipungkiri nantinya semua satwa akan punah denvan sendirinya tanpa kita sadari.
Pemulis : Nagita Kusuma R
Editor : Almira Felicia
Gambar : Bosscha.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: