HAL-HAL YANG BISA DILAKUKAN SELAMA #DIRUMAHAJA

HAL-HAL YANG BISA DILAKUKAN SELAMA #DIRUMAHAJA

Di tengah pandemik virus SARS Cov-2 yang menjangkiti hampir seluruh dunia, kita dianjurkan dengan “physical distancing” untuk berada di rumah untuk mencegah penuluran dan berkembangnya virus yang semakin meluas, mengingat penyebaran virus ini tergolong sangat cepat. Tentu untuk orang yang tidak biasa di rumah dalam waktu yang lama akan merasa bosan selama masa pandemi ini. Untuk mengurangi rasa bosan atau jenuh karena berada di rumah dalam waktu yang lama, ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan selama berada di rumah.

1, Bermain game.

Dimasa sekarang ini hobi bermain menjadi hal yang sangat tepat untuk dilakukan. Bermain game juga disarankan oleh WHO saat masa karantina seperti sekarang ini. “Kita berada pada momen krusial ditengah pandemik. Perusahaan gem punya audiens global, kami mendorong mereka untuk #PlayApartTogether,” tulis Duta Besar WHO untuk strategi global, Ray Chambers, dikutip dari artikel tirto.id.

2. Berolahraga

Kegiatan  kedua yang bisa dilakukan selama masa pandemi adalah dengan olahraga agar tubuh tetap bugar dan fit. Tapi tentu, porsi dan jenis olaraga harus disesuaikan dengan kondisi saat ini, diantaranya adalah hindari olahraga yang dilakukan oleh banyak orang. Olahraga yang disarankan pada masa pandemi seperti sekarang adalah berolahraga yang dilakukan di rumah, jika memiliki alat olahraga yang memadai, jika tidak maka bisa berlari kecil keliling komplek tapi dengan menjaga jarak dengan orang minimal 1,5-2 meter.

3. Dengerin/main musik

Kegiatan selanjutnya adalah dengan bermain musik atau mendengarkan musik favorit. Bermain alat musik untuk sekedar bermain santai akan sangat membantu agar tidak bosan selama dirumah. Selain itu juga bisa dengan mendengarkan playlist musik favorit, karena beberapa penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan music favorit terbukti bisa menghilangkan stress.

4. Mempelajari bahasa baru

Di rumah aja juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari bahasa baru, misalnya dengan mengunduh aplikasi khusus bahasa seperti Duolingo. Menyenangkan apabila kita bisa mempelajari bahasa baru yang tidak pernah kita gunakan sebelumnya.

5. Menata ulang rumah dan decluttering

Kalian pasti tahu Marie Kondo? Seorang konsultan organizing, penulis dan TV host ini membuat buku tentang seni merapikan barang-barang di rumah. Selain membuat rumah semakin tertata, juga dipercaya bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Masa karantina yang cukup panjang ini bisa dijadikan momentum yang tepat untuk mulai merapikan rumah, misalkan dengan mengubah tatanan kamar sehingga mendatangkan suasana baru atau memilah dan mengurangi barang yang sudah lama tak terpakai atau decluttering bisa mengurangi stres selama karantina.

6. Refleksi diri

Masa sulit dan penuh keterbatasan seperti saat ini tentu menjadi saat yang tepat bagi kita untuk kembali merefleksi diri. Apa yang sudah berhasil kita capai, apa yang belum, apa yang harus diperbaiki, dan mana yang perlu ditingkatkan. Refleksi diri juga penting sebagai media kita berkaca atas kesalahan yang pernah kita perbuat sehingga muncul tekat untuk tidak mengulanginya.

7. Membaca buku

Sama seperti film, kalian pasti punya sejumlah buku yang sudah dibeli, namun belum sempat diselesaikan bahkan belum sempat disentuh bukan? Menggunakan waktu karantina diri di rumah untuk ‘menghabiskan’ buku-buku yang ada merupakan hal yang menarik.

8. Bermain bersama hewan kesayangan

Jika kalian punya hewan peliharaan di rumah, saat ini adalah kesempatan kalian untuk lebih banyak berinteraksi dengan hewan kesayangan. Mengajarkan hal-hal baru pada hewan kesayangan, atau sekadar bermain dengannya, pasti akan memberikan kebahagiaan selama berada di rumah saja.

9. Istirahat dan tidur

Hal terakhir yang paling penting, tapi sering disepelakan adalah istirahat dan tidur. Seringkali kita lupa karena terlalu sering beraktivitas diluar, tetapi masa karantina membuat kegiatan diluar rumah sangat terbatas. Dengan begitu, kita punya lebih banyak waktu di rumah dari pagi sampai malam. Nah, di siang hari setelah kalian menyelesaikan sebagian tanggung jawab di pagi harinya, kalian bisa manfaatkan waktu itu untuk rebahan dan tidur siang 30 menit sampai 1 jam sudah cukup.

Sekian 9 tips yang bisa kami berikan agar kalian betah di rumah, karena seperti lagunya Chrisye “badai pasti berlalu” jadi sebisa mungkin manfaatkan waktu dan nikmati masa-masa karantina ini ya.

Penulis: Anugrah Tri Rama
Editor: Safira Nur Ujiningtyas

Ilustrasi : Salsabilla Okta Putriani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: