AYOSEMARANG LATIH ANGGOTA WARTADINUS JADI LEBIH KRITIS

AYOSEMARANG LATIH ANGGOTA WARTADINUS JADI LEBIH KRITIS

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) harus mampu kritis dan tanggap dalam menuangkan ide mereka menjadi sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca. Demi meningkatkan kemampuan tersebut, anggota pers kampus ‘Wartadinus’ ikuti pelatihan menulis yang dilakukan oleh redaktur ‘AyoSemarang’ pada Jumat (20/12) lalu.

Pelatihan diikuti oleh anggota divisi penulis Wartadinus dan berlokasi di gedung H lantai 7 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Dalam pelatihan tersebut, Adib Auliawan yang merupakan redaktur AyoSemarang membagikan pengalaman menulis dan juga ilmu yang ia miliki. Tentang bagaimana menyusun berita di media online yang baik. “Di zaman modern sekarang semua sudah serba online, gaya penulisan berita online dan cetak sedikit berbeda. Menjadi wartawan online haruslah sigap. Berita biasanya sudah jadi dalam kurun waktu 20 menit,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Adib juga memberi tips ketika meliput sebuah berita bisa mencari sudut pandang atau angel sebanyak mungkin. “Ketika kita meliput kegiatan apa pun itu di kampus, pastikan mencari minimal 3 angel yang bisa dibuat berita, tidak hanya asal cari tapi angel itu harus menarik dan meningkatkan minat pembaca,” tambahnya.

Sementara itu, Swita Amallia Hapsari selaku pembina Wartadinus turut hadir dalam pelatihan tersebut. Rasa terima kasih diucapkan karena AyoSemarang sudah meluangkan waktu untuk memberikan pelatihan. “Pelatihan seperti ini sangat penting bagi Wartadinus yang sedang dalam proses bangkit, semoga bisa sering dilakukan supaya teman-teman yang mau menekuni dunia jurnalistik bisa lebih kritis.” tuturnya.

Haris Rizky Amanullah sebagai ketua umum Wartadinus juga menuturkan, “Wartadinus sendiri sudah lebih modern, karena semua berita yang kami buat di unggah pada website warta.dinus.ac.id dan dapat dibaca kapan saja di mana saja.”

Penulis : Haris Rizky Amanullah
Fotografer : Eka Aristiana
Editor : Mila Elmeida

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: