LAMB 2019 UDINUS LAHIRKAN ANIMATOR TANGGAP BENCANA

LAMB 2019 UDINUS LAHIRKAN ANIMATOR TANGGAP BENCANA

Berkembangnya dunia Animasi yang sangat pesat pada Era Digital saat ini, dimanfaatkan oleh Program Studi D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang dalam menyelenggarakan lomba animasi yang bertemakan Mitigasi Bencana.

Lomba Animasi Mitigasi Bencana (LAMB) mengusung tema “Kenali Ancamannya Kurangi Risikonya”, yang diikuti 80 animator yang terbagi dalam 51 tim sebagai peserta berskala Nasional. Pemenang lomba Animasi diumumkan pada Rabu (30/10) 2019 yang berlokasi di ruang auditorium gedung H lantai 7 Udinus.

Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom selaku Kaprodi Animasi Udinus, menyampaikan bahwa ada empat kategori pemenang dalam perlombaan tersebut, kategori pertama dari pelajar SD/MI/SMP/MTS yang dimenangkan oleh Adnan Fajri Listya dari SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang dengan karyanya “Mitigasi Bencana”, kemudian kategori Pelajar SMA/SMK/MA yang dimenangkan oleh tim Pencari Beasiswa dari SMK Strada Daan Mogot, Banten dengan judul karya “Mitigasi Tsunami ala Mudra”, dan yang terakhir kelompok mahasiswa/umum juara satu diraih oleh tim Gromore dengan judul karya “Kenali Ancaman Dan Kurangi Risiko Bencana Gunung Meletus”. Adapun kategori juara terpopuler yang dimenangkan oleh tim Blessings dengan karya “Semarang Siap Siaga, Mitigasi Bencana Longsor”.

Dalam sambutannya, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus berharap para finalis dapat terus mengembangkan karyanya dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Animasi dalam 3 tahun berjalannya sudah terakreditasi B, semoga dengan lomba seperti ini karya animasi yang masuk finalis bisa ditayangkan di TVKU dengan animasi berisi pesan-pesan sosial,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Ir. Arief Rudianto, M.T. menyambut baik kerja sama-nya dengan Udinus. “diharapkan dengan kerja sama ini dapat menghasilkan karya anak bangsa mengenai mitigasi yang dapat menjadi infromasi yang menarik bagi masyarakat, semoga para pemenang juga bisa berkarya lebih baik lagi,” ujar Arief.

Pada kegiatan tersebut, juga terdapat penampilan dari e-Gamelan, Dilanjutkan dengan penampilan dari SMK Jawa Tengah yang menampilkan drama pantomim mengenai penanggulangan kebakaran. Kemudian acara ditutup dengan penampilan Band Animasi Udinus yang membawakan dua lagu.

Penulis : Haris Rizky A

Editor : Amrina Rosyada

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: