PERBAIKI POTENSI, DOSEN ILKOM ADAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION

Segenap dosen ilmu komunikasi UDINUS adakan media gathering bersama para stakeholder perusahaan media komunikasi dan industri kreatif dalam acara Focus Group Discussion (FGD), pada Rabu (26/6) guna tingkatkan potensi komunikasi berbasis IT dan creativepreneurship. FGD merupakan suatu metode yang dilakukan untuk menggali lebih dalam mengenai kegiatan yang dilakukan suatu organisasi secara mendetail.
Acara berjudul “Stakeholder Forum” yang diselenggarakan di ruang meeting gedung H.1 tersebut dihadiri oleh 9 perusahaan media komunikasi dan industri kreatif antara lain Radio Trax, Metro TV Jateng, TVKU, Tribun Jateng, Socca Digital Agency, Pure Design, Milee Digital Agency, Is Creative, dan Herosoft Media.
Sebagai awalan, setiap perusahaan memperoleh lembar kertas yang berisi beberapa pertanyaan seputar isu dan masalah pada media saat ini, kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi ringan. Sesi berikutnya diisi dengan penyampaian aspirasi dari masing-masing perusahaan terhadap kurikulum pelajaran yang berguna untuk memasuki dunia kerja nantinya supaya lulusan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada khususnya dapat menjadi tenaga ahli yang sesuai dengan ekspektasi.

Dalam diskusi, untuk meningkatkan potensi komunikasi salah satu cara yang digunakan ialah memanfaatkan peluang menggunakan kemudahan teknologi dan peralatan media. Selain itu, terdapat pula personal branding yang akan dikembangkan dengan memperkuat karakter agar lulusan ilmu komunikasi memiliki softskill untuk menghadapi persaingan dengan robot pada era industri 5.O. Pada forum ini segala pembahasan yang dilakukan memiliki tujuan agar UDINUS dapat menyesuaikan seperti apa lulusan yang dibutuhkan oleh para perusahaan terutama di bidang yang digeluti oleh mahasiswa ilmu komunikasi.
“ … bagaimana menciptakan lulusan yang skill nya tidak dimiliki robot, bisa jadi creativepreneur, memiliki empati yang tidak dipunyai robot. Jadi, ke depannya saat kuliah kita lebih banyak ke kreativitas, bagaimana management tim, dan komunikasi termasuk personal branding”, ujar Ibu Astini Kumalasari SE., M.I.Kom selaku notulen acara.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan agar dapat membawa ilmu komunikasi menjadi lebih baik. Forum diskusi diakhiri dengan foto bersama antara dosen ilmu komunikasi dengan para tamu perusahaan dan saling berjabat tangan sebagai tanda terpenuhinya kesepakatan bersama.
“Harapannya kita bisa sinergi, bisa berkolaborasi antara akademisi dengan praktisi. Jadi, kita bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang kita undang, baik penerimaan mahasiswa lulusan ilmu komunikasi untuk bekerja di sana ataupun magang, minimal dari praktisi mau sharing ilmu ke mahasiswa”, terang Ibu Zahrotul Umami M.I.Kom.

Penulis : Shaqila Angra Prameswari

Fotografer : Muhammad Hanif Rosyadi

Editor : Haris Rizky Amanullah

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: