Semifinal, POLIJE dan UNY Rebut Perhatian Penonton dengan Persaingan Sengit

Semifinal, POLIJE dan UNY Rebut Perhatian Penonton dengan Persaingan Sengit

Semifinal Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dimenangkan oleh Tim TANOKER_IR64 dari Politeknik Negeri Jember (POLIJE) dan ABHINAYA dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Semifinal yang berlokasi di Sport Center Graha Padma pada Minggu (23/6/2019) 11.30 WIB.

Politeknik Negeri Jember dan Politeknik Negeri Ujung Pandang hibur penonton dengan pertandingan yang menegangkan. Pasalnya kedua tim pernah mendapatkan panen raya di pertandingan mereka sebelumnya. Pada pertandingan kali ini kedua tim juga berhasil mendapatkan poin maksimal dan berebut panen raya. Kemenangan didapat POLIJE yang sanggup mendapatkan Panen Raya lebih dulu dalam waktu 02.46 menit dan menang secara mutlak. Dengan begitu tim TANOKER_IR64  dari POLIJE sudah mendapatkan poin panen raya untuk ke tiga kalinya.

Sedangkan pertandingan selanjutnya mempertemukan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Bhayangkara Surabaya,  UNY menggunakan strategi menjatuhkan rumput liar bersama dengan benih padi yang dilanjutkan memanen padi dan mendapatkan poin maksimal 90 namun tidak dapat Panen Raya. Hasil akhir dari pertandingan tersebut UNY berhasil menang dengan poin 90 : 45. Kedua tim yang lolos akan berhadapan di final untuk merebutkan gelar juara KRTMI pertama di Indonesia.

KRTMI merupakan divisi baru yang di perlombakan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat Nasional. Divisi tersebut memiliki waktu 1 menit untuk persiapan dan 3 menit pertandingan. Poin maksimal yang bisa didapatkan yaitu 90 poin. Namun kemenangan mutlak bisa diperoleh dengan poin Panen Raya di mana peserta dapat memanen padi tanpa menjatuhkan benih padi yang sudah tertanam.

Di dalam venue terdapat 6 divisi lomba yakni KRTMI yang merupakan divisi baru, selain itu ada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda.

KRI Nasional 2019 merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. Ajang tersebut nantinya akan dipertandingkan di Graha Padma Sport Center dan diselenggarakan pada 20-23 Juni 2019. Kontes Robot Indonesia tahun 2019 diikuti oleh lebih dari 64 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang terbagi dalam 121 tim.

Penulis : Haris Rizky Amanullah

Fotografer : Tim Humas

Editor : Gusti Bintang Kusumaningrum

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: