POLIJE Rebut Juara Pertama Untuk Divisi Baru KRTMI

POLIJE Rebut Juara Pertama Untuk Divisi Baru KRTMI

Final Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dimenangkan oleh tim TANOKER_IR64 dari Politeknik Negeri Jember (POLIJE) berhasil rebut juara pertama. POLIJE berhasil kalahkan 24 tim yang bertanding dalam divisi baru Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat Nasional dan memenangkan pertandingan dengan poin mutlak yaitu Panen Raya.

Pertandingan dimulai dengan kecepatan penuh dari tim POLIJE dari zona persiapan menuju zona pertama yaitu penanaman bibit badi. Pada zona pertama 3 bibit padi berhasil ditanamkan dalam sekejap oleh POLIJE dan mendapat 30 poin. Kemudian dengan mudah robot dari tim POLIJE berhasil melewati rintangan 3 polisi tidur untuk menuju ke zona berikutnya, zona kedua. Pada zona tersebut robot harus menjatuhkan rumput liar. POLIJE berhasil menjatuhkan 2 rumput liar tanpa menjatuhkan bibit padi yang sudah tertanam. Tantangan terakhir yaitu memanen padi dan mengangkatnya setinggi 20cm. Sekali lagi POLIJE dengan lincah menaiki tanjakan menuju tempat padi yang harus dipanen. Dengan berhasil memanen tanpa menjatuhkan padi yang sudah ditanam tim TANOKER_IR64 berhasil memenangkan pertandingan final dengan poin Panen Raya. Pertandingan final tersebut berlokasi di Gedung Sport Center Graha Padma pada pukul 13.00 WIB pukul Minggu (23/6).

Juara kedua diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta (ABHINAYA) dan dilanjutkan juara ketiga diraih oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PANGGALUNG MP).

Zainul Mustain sebagai ketua tim TANOKER_IR64 merasa senang dan tidak menyangka bisa memenangkan pertandingan pada divisi yang masih baru ini. Timnya sudah mendapatkan poin Panen Raya sebanyak 5 kali selama pertandingan KRI Nasional 2019. Strategi dari kemenangan mereka tergantung dari start dan ukuran robot yang sesuai dengan lahan sawah. “Strateginya start awal harus lebih cepat kemudian menanamnya harus pas dan sama ukuran sawahnya, ukuran antarmagnet itu 40cm. Jadi pemenang pertama juga enggak menyangka sih, soalnya kaget juga pertama kali datang belum dikasih tahu kalau harus memotong, jadi kami mempersiapkan dan mendesain kembali untuk alat pemotongnya,” ungkapnya bahagia.

KRI Nasional 2019 merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. Ajang tersebut diselenggarakan pada 20-23 Juni 2019. Kontes Robot Indonesia tahun 2019 diikuti oleh lebih dari 64 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang terbagi dalam 121 tim.

Penulis : Haris Rizky Amanullah

Fotografer : Tim Humas

Editor : Gusti Bintang Kusumaningrum

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: