Bunkasai Udinus 2024 Kembali Hadirkan Senbonzakura, Banyak Hal Menarik di Event Tahun Ini

Bunkasai Udinus 2024 Kembali Hadirkan Senbonzakura, Banyak Hal Menarik di Event Tahun Ini

Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Udinus (Hikari) kembali menggelar event tahunan mereka, yaitu ‘Bunkasai’ untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang dan Kampus Udinus kepada masyarakat umum. Acara ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 22-23 Juni 2024 dan bertempat di Lapangan Gedung G Udinus.

Bunkasai tahun 2024 mengusung tema ‘Kibou no Hikari’ yang berarti ‘Cahaya Harapan’. Hal tersebut memiliki makna bahwa Bunkasai Udinus tahun ini diharapkan dapat menjadi cahaya harapan bagi masyarakat yang memiliki minat maupun ketertarikan terhadap kebudayaan Jepang. Terdapat dua maskot untuk Bunkasai 2024 yang bernama Hikaru dan Hikari.

Terdapat banyak cabang kompetisi dalam acara tersebut, yaitu dance, fanart, seiyuu, anisong, cosplay, dan kompetisi band. Hikari juga menghadirkan banyak guest star untuk memeriahkan acara, seperti Cosmount and Ape, Giga of Spirit, Rivier, Equivalent, Kirin Day, Eurifessa, Kohi Sekai, Twenty Nine Teens, Gochikara, DJ Sanity, dan satu special guest star yaitu Nekonoi Katsu.

Bunkasai hari kedua dipadati pengunjung sejak open gate. Menjelang siang, acara tersebut semakin ramai oleh para peserta cosplayer maupun masyarakat umum yang ingin datang untuk menyaksikan berbagai penampilan menarik dan melihat serta berfoto dengan para cosplayer.

Acara dibuka oleh MC yang selanjutnya diisi oleh penampilan Hikari Daiko dan Soran Bushi persembahan dari Hikari. Lalu, performance oleh Cosmount and Ape dan Equivalent yang masing-masing membawakan beberapa lagu untuk menghibur para pengunjung. Selanjutnya, cosplay competition dan disambung oleh penampilan dari Kirin Day. Kemudian, cosplay walk dari para peserta dan penampilan senbonzakura oleh Hikari.

Nekonoi Katsu selaku special guest star yang  merupakan cosplayer dari Surabaya ini telah meraih berbagai penghargaan seperti 1st Place at Identity V Photo Cosplay tahun 2020 dan 1st Place at LOL: Wild Rift Indonesia Cosplay 2022, hadir di hari kedua untuk memeriahkan Bunkasai Udinus 2024. Omikoshi dari Hikari, Kohi Sekai, Giga of Spirit, dan DJ Hiramaki x Sanity juga turut memeriahkan.

Pada tahun ini, bunka senbonzakura diaktifkan kembali setelah 3 tahun sebelumnya sempat berhenti. Senbonzakura sendiri merupakan penampilan tarian dengan membawa kipas. Senbonzakura ini juga menjadi hal mencolok yang membedakan Bunkasai tahun ini dengan tahun sebelumnya. Penampilan senbonzakura dilaksanakan selama 2 hari. Pada hari pertama, penampilan tersebut dilaksanakan pukul 15.15 WIB dan pada hari kedua dilaksanakan pukul 16.10 WIB.

Acara yang selalu ramai dan meriah ini tentunya tidak lepas dari peran para panitia, yaitu seluruh anggota Hikari. Diana Puspa Rahmadewi selaku panitia Hikari berharap untuk para panitia agar lebih kompak dan Bunkasai tahun depan lebih meriah.

“Harapan untuk tahun depan semoga panitianya lebih kompak dan tidak ada yang ilang-ilangan, semoga semuanya bekerja dengan baik, semakin meriah, dan semakin sukses Bunkasai tahun depan,” ucap Diana.

Jenna, salah satu cosplayer mengaku event ini sangat bermanfaat karena dapat melatih kreativitas, karena salah satunya adalah adanya kompetisi fanart dan cosplayer. Jena sangat senang bisa ikut event ini dan menjadi cosplayer karena dia bisa menyalurkan hobinya dan bertemu banyak orang yang memiliki hobi sama dengannya. Jenna berharap Bunkasai tahun depan bisa membuatnya memiliki lebih banyak teman dan meningkatkan skill make upnya. Ia juga berharap semoga Bunkasai tahun depan semakin ramai dan meriah.

Salah satu pengunjung, Rezi Bisma mengatakan alasan dia mengikuti event ini adalah karena terdapat cosplay yang kebetulan juga dekat dengan kos dan berada di universitas sendiri. Ia berharap Bunkasai tahun depan bisa lebih meriah dan bisa mendatangkan guest star dari luar negeri.

Penulis: Shazia Mirza

Gambar: Dokumentasi Yamaha Jateng

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: